Beranda kesehatan Sejak 1993, KPC Buat Puluhan Penderita Bibir Sumbing Tersenyum

Sejak 1993, KPC Buat Puluhan Penderita Bibir Sumbing Tersenyum

163
0
Bupati Kutim Ismunandar bersama jajaran KPC menyaksikan operasi bibir sumbing di RSU Kudungga Sangatta yang disponsori PT KPC.

SANGATTA (26/4-2019)

                Kepedulian PT Kaltim Prima Coal (KPC) terhadap masyarakat yang mengalami bibir sumbing tidak diragukan lagi. Sejak program kepedulian sosial digulirkan tahun 1993 lalu, puluhan penderita bibir sumbing berhasil dioperasi dan kembali tersenyum.

“Program andalan CSR PT KPC  dalam bidang kesehatan masyarakat yakni operasi bibir sumbing, tujuannya untuk memberikan motivasi atau penyemangat bagi penderitanya agar bisa tegak dan optimis menatap masa depan yang lebih baik lagi. Sedangkan operasi bibir sumbing pada tahujn 2019 ini merupakan yang  pertama kalinya  dilakukan  di RSU Kudungga, sebelumnya di sejumlah daerah seperti  Balikpapan, Samarinda ” terang  GM External Affairs and Sustainable Development KPC Wawan Setiawan.

Operasi bibir sumbing ke 20 yang dilakukan PT KPC, dimulai Jumat (26/4) bekerjasama dengan tim medis bedah plastik terdiri dari Yayasan Smile Train dan Cleft Lip Palate Centre  Surabaya, RSU Kudungga serta Pemkab Kutim.

Keluarga besar KPC, kata Wawan, senang karena pada operasi bibir sumbing tahun 2019 sudah bisa dilakukan di Sangatta. Ia menyebutkan, selama ini operasi digelar Clinic SOS, RSUD AW Syahrani Samarinda, RS Restu Ibu Balikpapan dan RSUD Kanudjoso Balikpapan.  

Menurut Wawan, bisanya operasi bibir sumbing di RSU Kudungga, semakin menunjukan jika RSU Kudungga sudah setara dengan RS lain. Iapun mengaku senang dan bangga dengan Yayasan Smile Train dan Cleft Lip Palate Centre Surabaya yang dipimpin  dr Lobredia Zarasade.

Untuk membantu masyarakat, KPC sebelumnya melakukan operasi bibir sumbing dan luka bakar bekerjasama dengan tim dokter dari Interplast Australia dan New Zealand pada tahun 1993. Kegiatan yang berlangsung 19 kali itu, diakui mendapat respon masyarakat. “Operasi yang ke 20 dilakukan PT KPC  lebih fokus terhadap pasien bibir sumbing, tanpa pasien luka bakar,” terangnya seraya menambahkan ada 23 orang yang menjalani operasi mulai hari ini.(SK11)