Beranda hukum Sempat Tegang, Akhirnya PT WTC Siap Pekerjakan Kembali Karyawan Yang Diusir

Sempat Tegang, Akhirnya PT WTC Siap Pekerjakan Kembali Karyawan Yang Diusir

288
0
Pertemuan antara perwakilan karyawan dengan manajemen PT WTC yang dipimpin Sekda Irawansyah, Selasa (24/9) di Kantor Bupati Kutim.

SANGATTA (24/9-2019)

                Meski sempat berlangsung panas dan terjadi perdebatan antara perwakilan karyawan dengan  manajemen PT Wahana Trituggal Cemerlang (WTC), namun mejelang magrib pertemuan yang dipimpin Sekda Irawansyah, berhasil membuahkan sejumlah kesepakatan diantaranya PT WTC bersedia mengembalikan pekerja yang kini berada di BPU Karangan.

                Dari enam tuntutan yang disampaikan, PT WTC hanya meminta waktu  untuk memutuskan karena menyangkut keputusan pemilik perusahaan yakni membayar upah karyawan selama mereka mogok kerja.

Suasana mediasi yang dilakukan Pemkab Kutim

                “Dalam pertemuan disepakati PT WTC bersedia mempekerjakan kembali para pekerja yang telah di PHK di PT WTC maupun perusahaan lain dengan syarat, masa kerja tidak dipotong karena dimutasi, selain itu diangkat sebagai karyawan tetap bagi yang telah memenuhi syarat,” kata Sekda Irawansyah usai pertemuan yang berlangsung lebih 4 jam itu.

                Irawan menyebutkan pertemuan yang difasilitasi Pemkab Kutim, untuk menemukan titik temu antara perusahaan dengan karyawan. Namun, apa yang terjadi selama ini diharapkan tidak terulang kembali.

                Dalam pertemuan yang digelar Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, kedua belah pihak duduk berhadapan. Sementara Sekda Irawansyah bersama Ramli dari Disnaker Kutim berada di tengah memimpin pertemuan.

               Selama dialog digelar, pihak manajemen PT WTC banyak berdiam diri sementara perwakilan karyawan seperti Aleks Bajo serta beberapa karyawan lainnya mengeluarkan unek-unek mereka yang selama ini terpendam termasuk kasus pengusiran dari barak karyawan.

                Beberapa penjelasan manajemen PT WTC diantaranya Eko, dibantah. Bahkan ketika salah satu manajemen WTC tersenyum, perwakilan karyawan tak terima karena menganggap melecehkan mereka sebagai wakil karyawan. Namun ketegangan itu, berhasil diredakan Irawansyah tampak serius mengamati keterangan kedua belah pihak meski Irawan kerap tersenyum selama melayani pertanyaan wartawan.(SK4)