Beranda hukum Semua Elemen Bangsa Wajib Jaga NKRI

Semua Elemen Bangsa Wajib Jaga NKRI

716
0
Foto Republika

SANGATTA,Suara Kutim.com

Organisasi kemasyarakatan (Ormas) merupakan salah satu bentuk pengorganisasian masyarakat sipil yang berlandaskan demokrasi, kemitraan, keswadayaan dan partisipasi publik. Ormas, menurut Gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak, wadah penyaluran kepedulian dan kesadaran sosial politik masyarakat terhadap berbagai masalah publik. “Kegiatan Ormas hampir selalu bersinggungan dengan isu-isu publik khusus yang terkait langsung dengan permasalahan riil di masyarakat,” sebut Gubernur Awang Faroek dalam sambutannya disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kaltim  Yudha Pranoto pada pembukaan Sosialisasi UU Organisasi Masyarakat an Peraturan Pemilu, Rabu (14/5).

            Menurut  gubernur, perkembangan Ormas  termasuk LSM di Kaltim, pesat. Ia mengakui perkembangan terjadi baik segi kualitas maupun keberagaman sektor kegiatan yang digeluti. Diungkapkan, menjamurnya Ormas merupakan resionansi yang bersifat tidak langsung dari perubahan sosial khususnya di negara maju dengan gejala kemunculan new social movement.
            Meski sudah menjamurnya Ormas dan LSM, gubernur secara tegas menyebutkan yang lebih penting bagaimana LSM dan Ormas berperan memajukan bangsa dan negara dengan tetap menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            Hal senada juga dikemukakan Wabup Ardiansyah Sulaiman, bahkan ia mengakui kehadiran Ormas dan LSM semakin memberikan arti penting bagi Kutim yang sedang membangun dan menata diri sebagai daerah baru terbentuk.
            Baik Gubernur Awang Faroek maupun Wabup Ardiansyah, sama-sama mengajak tokoh-tokok Ormas dan LSM semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya – upaya yang membelah semangat persatuan dan kesatuan bangsa. “Kontrol sosial masyarakat kepada pemerintah merupakan hal wajar sebagai bentuk pertumbuhan kesadaran politik masyarakat,namun bagaimana semua elemen masyarakat bersatu padu untuk bersama-sama membangun daerah,” kata Ardiansyah Sulaiman.
            Sosialisasi  UU No 17 Tahun 2013 tentang Ormas diselenggarakan Badan Kesbangpol Kaltim bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Kutim. Selain tentang Ormas yang disampaikan Frans Sinarta dari Kemendagri,  juga disosialisasikan Pilpres 2014 dengan menampilkan Ketua KPU Kaltim Ida Farida serta Ketua Bawaslu  Kaltim Hairul Akbar. (SK-03)