Beranda hukum Semua Komponen Masyarakat Diminta Membantu

Semua Komponen Masyarakat Diminta Membantu

116
0

SAMARINDA (17/4-2020)

Pemprov Kaltim melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur, Andi Muhammad Ishak, mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama tokoh agama (Toga), tokoh masyarakat (Tomas), tokoh pemuda dan lainnya terlibat mengkampanyekan anjuran pemerintah guna menekan penyebaran atau penularan Covid-19 ini.

“Karena ini tergantung dari masyarakat sendiri. Bagaimana masyarakat bisa menjaga diri dan menjaga sesama. Seringkali kita melihat atau mengatakan tenaga medis adalah garda terdepan dalam penanganan penyebaran virus ini, tetapi sebenarnya masyarakat lah yang menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebarannya,” ujar Andi yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim.

Karena, lanjut Andi, meskipun pemerintah sudah menyiapkan banyak fasilitas kesehatan maupun perlengkapan penanganan Covid-19 tetapi jika masyarakat tidak melakukan anjuran pemerintah dengan baik, maka penularan atau penyebaran virus akan semakin meningkat.

Demikian halnya untuk pelaku perjalanan dari daerah terjangkit yang sudah terjadi transmisi lokal, Andi meminta agar secara aktif dapat segera menghubungi call centre di masing-masing kabupaten/kota agar mudah ditangani.

“Tetap laksanakan dan patuhi anjuran pemerintah untuk tetap berada dirumah selama pandemi Covid-19 ini. Bekerja ,belajar dan beribadah dirumah. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta vitamin C yang cukup. Sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hindari kerumunan ketika berada diluar rumah dan gunakan masker untuk pencegahan penyebaran virus ini,” ajak Andi.

 (her/yans/humasprov)