Beranda hukum Setelah Bermusyawarah, 126 Tahanan Jaksa Balik Kandang

Setelah Bermusyawarah, 126 Tahanan Jaksa Balik Kandang

977
0
Untuk Mendinginkan Ruang Tahanan Digunakan Kipas Angin

SANGATTA,Suara Kutim.com
    Setelah melalui pertemuan berbagai pihak, akhirnya 126 tahanan kejaksaan negeri yang selama ini dititipkan di Mapolres Kutim, sekitar pukul 16.00 Wita tadi sudah kembali  ke “kandang” nya di Mapolres Kutim.
      Pengembalian tahanan ini dilakukan berbagai pertimbangan terutama keamanan tahanan yang kemungkinan besar bisa lari, karena kondisi tempat penahanan memungkinkan. “Sejak pukul empat tadi sudah dibawa kembali ke Polres, semua dalam keadaan aman dan lengkap,” terang seorang petugas ketika Suara Kutim.com menyambangi Kejaksaan Sangatta, pukul 17.30 Wita tadi.
            Seperti diwartakan sebelumnya, dengan alasan ruang tahanan sudah penuh, sehingga sebanyak 126 tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta, sejak pukul 10.00 Wita dikembalikan ke kejaksaan. Pengembalian tanahan kejaksaan, membuat kaget jajaran Kejaksaan Negeri Sangatta. “
            Karena dikirim kembali, mau tak mau, semua tahanan terutama pria dimasukan dalam dua tahan yang ada di Kejari Sangatta. Karena ruang tahanan kecil dan tidak ada ventilasi, membuat gerah dan pengap. Untuk membuat tanahan lebih tenang, kejaksaan memasang kipas angin namun tetap tidak mampu membuat ruangan adem malah tambah panas seperti oven kue.
            Keterangann yang diperoleh, tahanan yang dikembalikan terdapat 12 wanita namun mereka tidak dimasukan dalam tahanan pria. Keadaan ini membuat jajaran kejaksaan ekstra keras mengamankan semua tahanan, terlebih-lebih saat bersamaan datang keluarga tahanan.
            Namun setelah sejam lebih berada di tahanan yang pengap, sejumlah tahanan mulai teriak-teriak kehausan. Karena penuh sesak, terpaksa ada tanahan yang naik di atas terali besi. Melihat keadaan sudah tidak manusiawi, kejaksaan akhirnya menempatkan sejumlah tanahan di parkiran sepeda motor dengan tangan terborgol.
            Agar keamanan benar-benar terjaga, Kejaksaan Negeri Sangatta mendapat bantuan Lanal Sangatta yang langsung menerjunkan sejumlah anggotanya lengkap dengan senjata laras panjang.(Tim SK)