Beranda ekonomi Setiap Tahun, Kapasitas IPA Milik PDAM Ditingkatkan Kemampuannya Untuk Melayani Pelanggan

Setiap Tahun, Kapasitas IPA Milik PDAM Ditingkatkan Kemampuannya Untuk Melayani Pelanggan

1046
0
IPA milik PDAM Tirta Tuah Benua (T2B) Kutim di Muara Wahau

SANGATTA,Suara Kutim.com (16/9)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) terus berupaya meningkatkan peran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutim diantarnya dengan penambahan kapasitas untuk IPA Kabo bertambah 50 liter per detik, 10 liter per detik untuk IPA Bengalon dan 20 liter per detik pada IPA Muara Bengkal.
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim Suprihanto bersama Kabid Fisik, Sarana dan Prasaran, Sumarjana dijelaskan penambahan kapasitas dilakukan untuk Bengalon dan Muara Bengkal menggunakan APBD Kaltim dan APBN. Sedangkan penambahan kapasitas pada IPA Kabo sebesar 50 liter per detik murni dari anggaran PDAM Tirta Tuah Benua.
Sumarjana menyebutkan pada tahun 2016 diprogramkan pembangunan IPA Kaliorang dan Sangkulirang masing-masing berkapasitas 25 liter per detik. Kedua IPA baru ini, sumber airnya dari Gunung Sekerat.
Diakui, pembangunan kedua IPA membutuhkan dana sebesar Rp37 Miliar yakni dari APBN sebesar Rp22 Miliar, APBD Kaltim sebesar Rp5 Miliar dan Kutim Rp10 Miliar. “Kalau Dana Alokasi Khusus diterima Pemkab Kutim, nantinya untuk masterplan peningkatan kapasitas IPA Kabo yakni 2 kali 250 liter perdetik secara bertahap dengan menelan anggaran sebesar Rp70 miliar,” beber Surmajana.
Keduanya menaruh harapan, peningkatan kapasitas air bersih diusahakan pemkab sebagai merupakan bagian dari mensukseskan program pemerintah pusat yang menargetkan pada tahun 2019 seluruh masyarakat di Indonesia terakses air bersih yang selaras dengan tekad Pemkab Kutim yang tahun depan menargetkan seluruh ibu kota kecamatan di Kutim mendapat air bersih.(SK-03/SK-12)