Beranda KABAR KALTIM SINGA ASN – Aplikasi Sistem Penggajian Berbasis Web dan Android

SINGA ASN – Aplikasi Sistem Penggajian Berbasis Web dan Android

599
0

SUARAKUTIM.COM, SANGATTA – Peluncuran SINGA ASN (Sistem Informasi Gaji Aparatur Sipil Negara) yang digagas Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yakni H. Aji Salehuddin, SE, berlangsung pada Senin (18/10) di Ruang Tempudau, Kantor Bupati Kutai Timur. Peluncuran ini merupakan suatu perihal baik, yang berkaitan erat dengan sistem penggajian pegawai di lingkungan Pemkab Kutim.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati H. Kasmidi Bulang, Kepala BPKAD H. Teddy Febrian, beberapa pihak terkait dan tamu undangan. Bupati Kutim sendiri menegaskan keberadaan SINGA ASN, merupakan dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa sekarang ini. Bahkan berdampak besar bagi sistem pemerintahan dan birokrasi di Indonesia, khususnya dalam pengelolaan keuangan baik itu di pusat dan daerah.

“Aplikasi SINGA ASN merupakan perwujudan dari misi keempat Pemkab Kutim, yakni mewujudkan pemerintahan yang partisipatif berbasis penegakan hukum dan teknologi informatika. Sehingga dapat diakses kapan saja, dimana saja, ketika informasi data gaji tersebut diperlukan ASN,” jelas Bupati.

Dalam peluncuran aplikasi SINGA ASN tersebut, H. Aji Salehuddin, SE mengatakan jika SINGA ASN adalah singkatan dari Sistem Informasi Gaji Aparatur Sipil Negara, yang mana sistem aplikasinya dibangun berbasis Web dan Android. Terlebih SINGA adalah salah-satu ikon daerah Kabupaten Kutai Timur, sehingga dengan alasan itulah proyek leader ini kemudian menggunakan istilah singkatan SINGA ASN.

“Aplikasi SINGA ASN ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada seluruh ASN di Kutim, untuk mengakses informasi data gaji dan data diri pegawai baik secara mandiri maupun organisasi,” jelasnya.

H. Aji Salehuddin, SE, bersama dengan rekan-rekannya di BPKAD.

Lebih jauh Kabid Perbendaharaan BPKAD Kutim ini menerangkan, SINGA ASN juga membantu untuk tindakan pencegahan atas keterlanjuran pembayaran gaji pegawai yang telah memasuki batas usia pensiun. Dan sekaligus sebagai solusi atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait kelebihan pembayaran gaji pegawai yang memasuki batas usia pensiun.

“Sebagaimana disebutkan Bupati, jelas aplikasi SINGA ASN selain mendukung perwujudan misi ke-empat Kabupaten Kutim. Juga mendorong tercapainya tujuan untuk menata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel berbasis elektronik,” tutup Aji Salehuddin.