Beranda kutim Siswa MTs Mangku Alam Wajib Hafal Al-Quran

Siswa MTs Mangku Alam Wajib Hafal Al-Quran

133
0
Cara siswa MTs Mangku Alam Kongbeng menghafal Al-Qur'an sebelum "disetor" ke guru pembimbing.

SANGATTA (12/6-2018)
Mendidik anak dalam di jaman now saat ini perlu kehatian-kehatian, namun jika dibekali dengan pendidikan agama sejak dini membuat semua jadi mudah terutama dalam pembinaan ahlaq. Bahkan, anak-anak dengan sendirinya mengerti apa yang dibenarkan dan tidak dibenarkan dalam Islam.
Pendidikan keagamaan yang menjadi dasar MTs Mangku Alam terus dipertahankan sehingga ketika mereka dinyatakan berhasil pada ujian nasional tahun 2018, kegembiraannya diluapkan dalam sujud syukur kepada Allah SWT serta berbagi kue berbuka puasa. “Mereka kami tanamkan arti kesederhaan seperti diajarkan Nabi Muhammad SAW, sehingga setiap keberhasilan selalu diterima dengan sujud syukur serta ingat sesama,” kata Aswadi sebagai kepala sekolah.
Kepada Suara Kutim.com diakui siswa MTs Mangku Alam tidak selamanya diajakarkan soal agama, tetapi perkembangan ilmu lainnya. Menurut Aswadi, untuk memberikan pendidikan keagamaan ada kewajiban siswa untuk menghafal Al-Quran sesuai tingkat kelasnya. “Khafalan itu wajib disetorkan ke guru pembimbing sebelum akhir pendidikan, jika belum mencapai target maka wajib mengkhafal sesuai terget,” terangnya.
Di lingkungan sekolah yang beralamatkan Jalan Pemuda Desa Marga Mulia Kecamatan Kongbeng ini, suasan regeli terasa sekali. Ucapan salam dan memberi hormat kepada guru, dilakukan siswa dengan santun.
Menurut Aswadi, semua guru berharap anak didik mereka tidak saja sukses mencapai cita-citanya tetapi juga sukses dalam pendidikan agama. “Kami selalu ingatkan mereka, bergaul dalam dunia modern silahkan tapi ingat batasannya sebagaimana diajarkan agama,” ungkap Aswadi seraya menggambarkan bagaimana kondisi pergaulan anak-anak saat ini.(SK12)