Beranda kesehatan Soal Puskesmas Blud, Ismu Minta Dikaji Mendalam

Soal Puskesmas Blud, Ismu Minta Dikaji Mendalam

100
0
BERBAGI

SANGATTA (1/12-2017)
Wacana merubah status Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dari UPTD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) disampaikan Kadis Kesehatan, Baharani Hasanal, direspon Bupati Kutim Ismunandar.
Kepada wartawan, Ismu menyambut positif rencana perubahan status puskesmas dari UPTD menjadi BLUD. Menurutnya, rencana itu berkaitan dengan upaya kemandirian yang dituntut pada Puskesmas. “Menjadi BLUD, nantinya Puskesmas bisa mengelola keuangannya sendiri, serta mengurangi ketergantungan APBD Kutim, selain itu Puskesmas lebih mudah kordinasi dengan BPJS kesehatan dalam hal pelayanan pasien yang merupakan peserta BPJS Kesehatan,” kata Ismu.
Meski demikian, Ismu berharap rencana tersebut benar-benar dikaji dan dipersiapkan dengan matang jangan sampai setelah BLUD, Puskesmas justru menjadi kesulitan sendiri terutama dengan masalah keuangan.
Dalam kacamata Ismu, Puskesmas ujung tombak pemerintah dalam upaya pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung. sehingga sebelum dilakukan perubahan status, hendaknya persiapan-persiapan dilakukan terlebih dahulu. seperti menyelesaikan proses akreditasi seluruh puskesmas yang ada di kutim. sehingga seluruh pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut sudah benar-benar sesuai standar pelayanan kesehatan serta lengkap. termasuk penyediaan fasilitas rawat inapnya.(SK3)