Beranda ekonomi Sosialisasikan Rencana Vaksinasi COVID-19, Hasdiah Minta Warga Sangatta Selatan Tidak Termakan Hoax

Sosialisasikan Rencana Vaksinasi COVID-19, Hasdiah Minta Warga Sangatta Selatan Tidak Termakan Hoax

182
0
Satgas COVID-19 Kecamatan Sangatta Selatan Menggelar Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 kepada Warga Kelurahan Singa Geweh, Senin (25/01/2021)

SANGATTA (25/01/2021)
SUARAKUTIM.COM—Pemerintah Kutai Timur (Kutim) melalui Satuan Tugas (Satgas) Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kutim, terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat. Bahkan upaya sosialisasi ini dilakukan hingga ke tingkat desa dan kelurahan di Kutim. Salah satunya, kegiatan sosialisasi pelaksanaan vaksin COVID-19 yang dilakukan di Aula Kelurahan Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan, Senin (25/01/2021).

Peserta sosialisasi vaksin COVID-19 menyimak penjelasan tim Satgas

“Sosialisasi hari ini dilakukan bagi para Ketua RT (Rukun Tetangga, red) unsur aparat kelurahan di Kelurahahn Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih faham terkait rencana pelaksanaan vaksin COVID-19 yang akan dilakukan oleh pemerintah,” ucap Camat Sangatta Selatan Hasdiah yang juga selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kecamatan Sangatta Selatan, Senin (25/10/2021).

Dikatakan, hingga saat ini masih banyak masyarakat ragu dan takut untuk menerima vaksin COVID-19 yang akan dilakukan pemerintah. Hal ini karena masyarakat termakan kabar sumir dan hoax yang beredar di media sosial, terkait tingkat keefektifan dan efek kesehatan pasca pemberian vaksin Sinovac, serta keraguan kehalalannya.

“Memang masih banyak masyarakat yang takut dan ragu terhadap pemberian vaksin COVID-19. Sebab masyarakat mudah termakan dan percaya berita hoax yang beredar di Sosmed (Sosial Media, red), terutama efek samping dan bahayanya bagi kesehatan tubuh setelah disuntikan vaksin ini. Sehingga selalui sosialisasi seperti ini, kita coba memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pemberian vaksinasi COVID-19. Alhamdulillah, kini sudah mulai banyak masyarakat yang mengerti dan faham pentingnya vaksin COVID-19,” terang Hasdiah.

Kegiatan sosialisasi pelaksanaan vaksin COVID-19 ini, ditambahkan Hasdiah, akan dilakukan terus menerus hingga ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan. Pihaknya juga melibatkan perangkat RT, Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga)Kecamatan dan Desa, serta UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sangatta Selatan. Sehingga masyarakat menjadi faham dan mau menerima vaksinasi dan Kecamatan Sangatta Selatan tidak lagi berstatus zona merah penyebaran COVID-19.

“Secara bertahap, sosialisasi ini akan kami lakukan dari desa ke desa, dengan melibatkan unsur RT, Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, red) tingkat kecamatan dan desa, serta UPT (Unit Pelaksana Teknis, red) Dinas Pendidikan Kecamatan Sangatta Selatan. Besar harapan kami dengan adanya vaksinasi COVID-19, Kecamatan Sangatta Selatan tidak lagi berstatus zona merah penularan COVID-19. Sehingga roda perekonomian warga di Kecamatan Sangatta Sangatta Selatan bisa kembali normal dan berjalan sebagaimana sedia kala,” ujarnya.(Redaksi-SK)