Beranda hukum Sudah 2 Hari, Kapolres dan Dandim Berjibaku Dengan Karhutla

Sudah 2 Hari, Kapolres dan Dandim Berjibaku Dengan Karhutla

189
0
Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan dan Camat Muara Ancalong Sabran melakukan pemadaman api di Desa Senyiur.

SANGATTA (25/9-2019)

                Meski sudah dua hari bergelut dengan asap dan abu akibat Karthutla, Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan bersama Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate, tetap semangat memimpin memadamkan api.

Kondisi Sungai Kelinjau yang mendangkal akibat kemarau.

                Dengan seragam dinasnya yang tampak kotor terkena arang, Kapolres Teddy tetap meringsek mencapai lokasi kebakaran lahan di Desa Senyiur Kecamatan Muara Ancalong. Demikian dengan Dandim Pabate, yang juga terus menerjang bau asap yang menyesakan hidung.

                Kawasan Muara Ancalong dan Muara Bengkal yang berbatasan dengan Kukar, merupakan kawasan terbanyak titik api. Lahan yang terbakar luas dan lama, sehingga menghasilkan asap tebal. Camat Muara Ancalong, Sabran menerangkan kawasan yang terbakar umumnya gambut sehingga memerlukan waktu lama untuk memadamkan.

                “Kendalanya saat ini, sumber air jauh karena kemarau. Bahkan Sungai Kelinjau mengalami pendangkalan sehingga kapal-kapal pembawa barang terutama sembako tidak bisa melanjutkan perjalanan,” terangnya.

                Sabran kepada Suara Kutim.com menyebutkan upaya pencegahan dan pemadamam Karhutla terus dilakukan dengan dukungan perusahaan perkebunan kelapa sawit seperti PT SSS. (SK4)