Beranda ekonomi Sumbang Devisa Ekspor, KPC Terima Penghargaan Gubernur BI

Sumbang Devisa Ekspor, KPC Terima Penghargaan Gubernur BI

721
0

SANGATTA (18/7-2017)
PT Kaltim Prima Coal (KPC) terus menorehkan prestasi di belantara nusantara bahkan dunia, karena kiprahnya dalam penguatan ekonomi nasional, perusahaan yang beroperasi di Sangatta ini dinilai Bank Indonesia (BI) sebagai perusahaan penyumbang devisa ekspor terbaik di Indonesia.
Penghargaan BI terhadap kepatuhan KPC akan kewajibannya kepada negara ini, diwujudkan dengan memberi penghargaan yang langsung diserahkan Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo.
Penghargaan yang membuat kaget keluarga besar KPC ini, diterima Ibu RA Sri Dhamayanti mewakili KPC di Jakarta, Selasa (18/7) disaksikan ratusan pasang mata pejabat BI serta pelaku usaha lainnya. “Penghargaan diberikan atas kinerja KPC yang telah memastikan semua devisa hasil ekspor diterima di bank devisa dalam negeri dan dilaporkan sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia, devisa hasil ekspor tersebut memberikan kontribusi bagi perekonomian bangsa,” kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo.
Bank Indonesia memberi apresiasi atas tata kelola dan kinerja baik pelaku ekonomi di Indonesia, dan penghargaan yang diberikan sebanyak 30 penerima yang terbagi dalam 16 katagori antara lain individu, korporasi, perbankan dan media.
Penghargaan, ujar Gubernur BI Agus DW Martowardjono diberikan kepada para pelaku ekonomi dan tokoh bangsa yang dalam beberapa waktu terakhir telah memberikan kontribusi dan kinerja terbaiknya untuk mengawal dan memajukan perekonomian Indonesia, serta memberikan inspirasi bagi peningkatan kualitas dan tata kelola perekonomian bangsa.
Pemberian penghargaan, tandas Gubernur BI, merefleksikan jalinan sinergi antara Bank Indonesia dan para pelaku ekonomi, yang bersama-sama Pemerintah, OJK dan LPS berupaya mewujudkan stabilitas makroekonomi, serta memfasilitasi akselerasi pertumbuhan ekonomi secara sehat dan berkesinambungan. “Kinerja dan tata kelola yang baik dari para pelaku ekonomi dinilai telah turut berkontribusi kepada stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, hingga mencapai posisi pertumbuhan ketiga tertinggi diantara negara-negara anggota G-20,” kata pria yang akrab disapa Agus ini.
Penghargaan BI merupakan salah satu agenda tahunan Bank Indonesia dan tahun 2017 merupakan yang kali pertama digelar bersamaan dengan puncak dari rangkaian kegiatan hari ulang tahun Bank Indonesia.
Selain menerima penghargaan sebagai penyumbang devisa ekspor terbaik Indonesia, KPC meraih dua penghargaan dalam bidang keuangan yakni sebagai perusahaan yang berkontribusi terbesar atas Penerimaan Negara Bukan Pajak-PNBP terbesar untuk APBN Indonesia juga apresiasi sebagai salah satu dari 24 perusahaan wajib pajak dengan kontribusi terbesar.
General Manager Finance Rio Supin mengaku kaget penghargaan Gubernur BI Agus Martowardojo tersebut. Menurut Rio, selama ini KPC terus berupaya patuh terhadap semua peraturan Pemerintah Indonesia. “Komitmen KPC adalah terus patuh pada semua peraturan yang ada dan sesuai dengan semangat pelaksanaan tata kelola usaha yang baik. Dan lebih penting lagi dapat memberikan sumbangsih kepada perekonomian negara,” ujar Rio.(SK12)