Beranda ekonomi Sumber Air IPA Kudungga Kualitas Nomor 1, PDAM Bisa Layani Kawasan Kenyamukan

Sumber Air IPA Kudungga Kualitas Nomor 1, PDAM Bisa Layani Kawasan Kenyamukan

343
0
IPA Kudungga yang mengolah air dari Pit Jupter KPC yang kualitasnya nomor satu.

SANGATTA (10/1-2019)

                PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta dari IPA Kudungga yang berada di Jalan Soekarno Hatta Sangatta Utara, sejak beroperasi 2 tahun lalu sudah melayani pemasangan 2.500 pelanggan. Bahkan akan menjangkau Dusun Kenyamukan termasuk Pelabuhan Laut di Kenyamukan.

                Pjs Dirut Suparjan menerangkan beroperasinya IPA Kudungga tahap II yang menghabiskan biaya Rp45 M, nantinya akan melayani 95 persen warga Sangatta Utara dan Selatan.  Saat berlangsung peresmian IPA Kudungga tahap II oleh Bupati Ismunandar, Kamis (10/1) diakui Suparjan, air yang dikelola PDAM di IPA Kudungga, kualitasnya nomor satu. “Sehingga bisa menekan biaya operasional pengolahan air bersih di IPA Kudungga, jadi selain debitnya paling tinggi sehingga mampu menjangkau pelabuhan laut juga kualitas airnya bagus,” ungkap Suparjan.

                Keberhasilan PDAM Kutim bisa menjangkau 95 persen warga Sangatta ini, diakui Suparjan merupakan prestasi besar bagi Pemkab Kutim yang dalam 10 tahun terakhir mampu meningkatkan kemampuan PDAM hingga 95 persen jauh di atas rata-rata daerah lain yang paling tinggi 85 persen.

                Kami keluarga besar PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, kata Suparjan akan meningkatkan pelayanan dengan percepatan pelayanan pemasangan bagi pelanggan baru. Sistem one day one servis, sebutnya terus diterapkan karena kemampuan IPA Kudungga sudah menjamin termasuk ketersediaan air bakunya.

IPA Kudungga yang sudah menjalani uji coba dengan kapasitas  100 liter perdetik, disebutkan segera  melayani melayani kebutuhan air bersih di pusat pemerintahan Pemkab Kutim,  warga masyarakat di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Abadul Wahab Syahrani. “Sumber airnya dibantu PT KPC yang mengambil air sekitar areal hutan Pit Jupiter, kemudian diolah di IPA Kudungga sebelum disalurkan ke pelanggan,” terangnya. (SK11)