Beranda ekonomi Suriati : Kutim Harus Punya Generasi Anti Rokok

Suriati : Kutim Harus Punya Generasi Anti Rokok

53
0
BERBAGI

Generasi muda sebagai penerus perjuangan dan pembangunan, memiliki tanggung jawab besar untuk meneruskan tonggak pembangunan yang saat ini dengan susah payah sudah dibangun oleh para pendiri bangsa. Namun perjuangan generasi muda tersebut harus didukung dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Salah satunya penjaga agar generasi muda mampu hidup sehat adalah selain pentingnya asupan gizi dan nutrisi sejak diri, juga wajib terhindar dari pengaruh buruk rokok. Demikian diungkapkan Anggota DPRD Kutim dari Fraksi Demokrat, Suriati.

Dikatakan, saat ini Kabupaten Kutai Timur sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) terkait Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Melalui perda ini pemerintah kabupaten diharapkan mampu menyiapkan fasilitas atau daerah yang bebas atau dilarang dari rokok maupun asap rokok. Mulai dari kegiatan produksi, penjualan, iklan atau promosi maupun kegiatan penggunaan rokok. Pemerintah wajib melindungi masyarakat dari paparan asap kokok. “Hal ini salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi generasi muda”, ujarnya.

Selain itu, melalui Perda KTR, pemerintah juga harus mampu menciptakan batasan atau aturan terhadap aktivitas jual beli rokok. Harus ada larangan tidak boleh menjual rokok kepada anak dibawah umur 18 tahun.

“Dengan adanya Perda KTR ini, diharapkan lahirnya generasi-generasi anti rokok, terutama generasi muda di Kutai Timur. Karena merokok merupakan salah satu kunci untuk masuk dalam dunia penyalahgunaan narkotika.  Sehingga melalui generasi anti rokok, diharapkan juga mampu turut menekan angka penyalahgunaan narkotika di Kutai Timur. Serta turut membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan memerangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) di Kutai Timur”, tegas Suriati.(Adv-114/DPRD Kutim)