Beranda hukum Tahanan KPK Hanya Bisa Dikunjungi Secara Daring

Tahanan KPK Hanya Bisa Dikunjungi Secara Daring

104
0
Kondisi ruang tahanan KPK (Foto Ist)

SANGATTA (31/7-2020)

                Bagi tahanan KPK, jangan berharap di hari Raya Idul Adha 1441 H bisa bertemu dengan keluarga, pasalnya KPK meniadakan pelayanan kunjungan langsung mencegah mewabahnya virus Corona. Namun, keluarga bisa bersapa dengan kerabatanya di balik jeruji tahanan melalui daring.

“Pelayanan kunjungan menggunakan sistem kunjungan online yang akan diselenggarakan pada 10 Dzulhijah 1441 H atau Jumat, 31 Juli 2020. Waktu kunjungan online pada pukul 08.00 – 11.00 WIB,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (30/7) kemarin.

Disebutkan, semua tahanan KPK yang beragam Islam, akan mengikuti shalat Idul Adha di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur. Namun, Ali Fikri tidak menjelaskan apakah tahanan baru seperti Bupati Kutim Is, Ketua DPRD EUF, Mus, Sur, AET, AD dan MA juga ikut shalat karen mereka kini masih diamankan di Rutan KPK yang satu areal di Gedung Merah Putih – Jakarta.

Dijelaskan,  kunjungan dengan cara  daring ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Kepada  keluarga tahanan,  diberikan waktu untuk mengisi box khusus makanan sejak pukul 08.00 sampai dengan 09.00 WIB. “Pengiriman makanan menggunakan box kecil untuk masing-masing tahanan dan tambahan satu box besar per Rutan,” jelasnya seraya menambahkan  KPK memberikan keleluasaan untuk para tahanan agar bisa makan bersama. Namun, tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ali Fikri menambahkan prosesi makan bersama para tahanan  di hari Raya Idul Adha 1441 H, dilaksanakan di rutan masing-masing  sejak pukul 09.30-11.00 WIB.(SK3/SK4/SK15)