Beranda ekonomi Tahun 2020, Mall PTSP Kutim Hadir di Graha Expo Bukit Pelangi

Tahun 2020, Mall PTSP Kutim Hadir di Graha Expo Bukit Pelangi

232
0
Aktifitas di PTSP Kabupaten Kutai Timur

Sangatta (12/12/2019)

Graha Expo Kutim saat digunakan sebagai gudang logistik KPU Kutim

Demi memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan segala macam perizinan dan non perizinan di Kabupaten Kutai Timur, Pemerintah Kutim akan segera mewujudkan Mall Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang rencananya mulai tahun depan akan diaktifkan di Gedung Graha Expo Kutim, Bukit Pelangi-Sangatta. Demikian diungkapkan Kutim, Ismunandar kepada awak media.

”Nantinya pada Mall PTSP, tidak hanya sekedar pelayanan untuk perizinan dan non perizinan, tapi termasuk pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, pajak daerah, BPJS, Imigrasi, Bea Cukai, Izin Tenaga Kerja dan termasuk perbankan. Jadi tidak hanya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kutim saja yang ada di Mall tersebut, juga termasuk Dinas Dukcapil Kutim, Bapenda, Disnaker, BPJS, Imigrasi Sangatta, Bea Cukai Sangatta hingga Bank Kaltimtara. Bahkan bisa termasuk PDAM Kutim dan PLN”, terang Ismu.

Lanjutnya, dengan hadirnya Mall PTSP Kutim diharapkan mempermudah masyarakat dalam mengurus segala macam perizinan dan hal lainnya. “Masyarakat cukup berurusan pada satu lokasi dan tidak perlu bolak-balik, jadi segala macam pengurusan bisa diselesaikan hanya dengan sekali jalan”, ujar Ismu.

Terkait dengan fungsi gedung Graha Expo Kutim yang biasanya digunakan untuk even-even penting dan pameran, Bupati Ismu memastikan jika fungsinya tidak akan berubah. Sehingga tetap bisa digunakan untuk kegiatan pameran dan acara besar lainnya. Sehingga mesti juga digunakan sebagai Mall PTSP, dipastikan tidak akan mengganggu.

“Graha Expo tetap bisa dipakai pameran dan lainnya. Kan Cuma setahun sekali, jadi tidak akan mengganggu Mall PTSP yang ada”, jelasnya.