Beranda ekonomi Temu Pelanggan JKN-KIS Tahun 2020, BPJS Kesehatan Kutim Edukasi Badan Usaha Terkait...

Temu Pelanggan JKN-KIS Tahun 2020, BPJS Kesehatan Kutim Edukasi Badan Usaha Terkait Inovasi Program di Masa Pandemi COVID-19

135
0
Kegiatan Temu Pelanggan JKN-KIS BPJS Kesehatan Tahun 2020

Sangatta (22/10-2020)

Di masa pandemi COVID-19 ini, sejumlah inovasi program dilakukan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam memberikan pelayanan pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Inovasi yang dilakukan adalah bagaimana layanan terhadap pelanggan peserta JKN-KIS tetap diberikan, namun juga dipastikan adanya jaminan keselamatan dan kenyamanan bagi peserta maupun petugas layanan. Karenanya, untuk mensosialisasikan sejumlah prorgam inovasi tersebut, BPJS Kesehatan Kutai Timur menggelar kegiatan Temu Pelanggan Peserta JKN-KIS Tahun 2020 yang dikhususkan bagi Person In Chaege (PIC) Badan Usaha yang terdaftar di Kabupaten Kutim, bertempat di Hotel Royal Victoria Sangatta, Kamis (22/10/2020).

Kepala BPJS Kutim, Ika Irawati
saat menyampaikan materi dalam kegiatan
Temu Pelanggan Peserta JKN-KIS
Tahun 2020, Kamis (22/10/2020).

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi dan edukasi langsung terkait program BPJS Kesehatan, khususnya pada program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, red). Kita kemas dalam bentuk temu pelanggan peserta JKN-KIS Tahun 2020 bagi PIC (Person In Charge, red) Badan Usaha yang terdaftar di Kutim. Saat ini kita hadirkan 45 Badan Usaha atau perusahaan di Kutim yang terdaftar program BPJS Kesehatan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kutim, Ika Irawati kepada awak media, Kamis (22/10/2020).

Dalam kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya tersebut, lanjut Ika, peserta mendapatkan materi dan informasi seputar perkembangan serta inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan. Terutama dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, bahwa layanan dilakukan secara online atau daring dan meminimalisir proses tatap muka, antara peserta dan petugas.

“Biasanya kegiatan temu pelanggan ini kita laksanakan secara tatap muka langsung dan menghadirkan banyak peserta. Namun karena saat ini terjadi pandemi (COVID-19, red) maka kegiatan juga kita lakukan secara virtual melalui apliasi zoom. Sementara peserta yang dihadirkan langsung jumlahnya juga terbatas. Bahkan salah seorang narasumber yakni Ade Rai yang merupakan Brand Ambassador BPJS Kesehatan, batal kita hadirkan hari ini sebagai pemateri karena situasi yang masih pandemi,” jelasnya.

Ika berharap dengan adanya kegiatan ini selain dapat menjadi jembatan silaturahmi antara BPJS Kesehatan dengan Badan Usaha, tetapi bisa dapat juga membantu meningkatkan pengetahuan PIC Badan Usaha. Sehingga peserta bisa lebih memahami Program JKN-KIS, karena di tengah Pandemi saat ini ada beberapa inovasi yang di luncurkan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan dan keamanan akses peserta.

“Semoga kegiatan ini bisa lebih memahamkan kepada peserta terkait hak dan kewajiban serta alur pelayanan Program JKN-KIS. Sehingga keluhan yang dikarenakan Informasi yang belum clear di tingkat peserta dapat berkurang dan semakin banyak pihak yang bisa membantu memberikan informasi terkait Program JKN- KIS, khususnya di lingkungan Perusahaan,” ucapnya.(*/SK3/SK4/SK7)