Beranda hukum Tidak Ada Patok Perbatasan RI – Malaysia Rusak

Tidak Ada Patok Perbatasan RI – Malaysia Rusak

91
0
Penutupan Patroli Bersama TNI-AD dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Nunukan Kaltara

SANGATTA (28/8-2019)

Patroli patok perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Sungai Menggaris Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara yang dilakukan  TNI –AD dan Tentara Diraja Malaysia (TDM), Selasa (27/8) kemarin berhasil dilaksanakan sesuai target.

Operasi yang sekaligus menjalin silahturahmi tentara kedua negara ini, digelar sejak Selasa (21/8) dari Serudong Malaysia dan berakhir di Pos Gabungan Bersama TNI – AD dan TDM di Sungai Menggaris Nunukan.

Pejabat Pemerintah 5 Brigade Batalion 3 TDM, Letkol Zulkifli bin Jafar mengungkapkan, patroli patok perbatasan RI-Malaysia yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka mengecek kondisi patok-patok perbatasan, berlangsung baik. “ Patroli patok perbatasan pada tahun anggaran 2019 sepanjang 24 Km menemukan  200 lebih patok perbatasan kedua negara. TNI-TDM perlu bersinergi sehingga kala melakukan setiap kegiatan sudah saling kenal dan bersahabat,” kata Letkol Zulkifli bin Jafar.

Ia menilai, patroli patok perbatasan yang digelar bersama prajurit penjaga perbatasan kedua negara perlu digelar secara kontinyu.

Sementara Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG Mayor Inf Ronald Wahyudi mengakui  sinergitas antar prajurit pengamanan perbatasan kedua negara perlu dipupuk secara baik. Kebersamaan, kata Mayor Inf Ronald Wahyudi, terus dibina dimana prajurit yang melakukan patroli patok berjalan dan tidur bersama di alam terbuka sehingga akan terpatri terus dalam benak masing-masing setelah melakukan patroli bersama.

Patroli patok perbatasan terkoordinasi yang dilaksanakan prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG dengan Tentara Diraja Malaysia (TDM) berakhir dan ditandai dengan upacara pelepasan tanda peserta dan penyerahan bendera kedua negara.

Selama lima hari pelaksanaan patroli, kata Mayor Ronald, tidak ditemukan patok perbatasan yang mengalami kerusakan. Dijelaskan, rute patroli patok RI dengan Malaysia dari Serudong Malaysia hingga Sungai Menggaris Kabupaten Nunukan  sering kali dilalui prajurit penjaga perbatasan kedua negara.

“Sejumlah patok perbatasan membutuhkan pembersihan sekeliling dari rumput-rumput atau kayu yang menutupinya, selanjutnya Patroli serupa akan diadakan kembali di Kecamatan  Krayan oleh TNI-AD dan TDM,” terang Mayor Inf Ronald Wahyudi sebagai perwakilan Komandan Korem 091 ASN selaku Dankolak Ops Satgas Pamtas RI-Malaysia Kodam VI Mulawarman.(Penrem 091 ASN/SK8)