Beranda kutim Tidak Hanya Pemerintah, Masyarakat Juga Gelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan

Tidak Hanya Pemerintah, Masyarakat Juga Gelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan

199
0
Bupati Ismunandar saat menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Vaolincia - SMKN 2 Sangatta Utara untuk dikibarkan.

SANGATTA (17/8-2019)

                Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 74 di Kutai Timir (Kutim)  berlangsung semarak, detik-detik proklamasi tidak saja diperingati sekitar Kantor Bupati Kutim saja tetapi hingga tingkat RT diantaranta RT 10 Gang Taruna Sanggata Utara.

                Upacara yang digelar sederhana disebuah lapangan milik warga itu, berlangsung khidmat, demikian di sejumlah kantor pemerintah dan swasta, organisasi masyarakat dan perkumpulan lainnya. Udara yang cerah, tak membuat warga kendor untuk menyemarakan HUT Kemerdekaan tahun 2019, bahkan setelah upacara digelar berbagai ragam lomba yang menghibur. “Meski sederhana, terpenting bisa menanamkan semangat perjuangan pahlawan kepada generasi muda Indonesia,” kata Suprayitno – warga RT 10 Sangatta Utara yang didaulat sebagai inspektur upacara.

                Pemkab Kutim mengelar upacara di Halaman Kantor Bupati Kutim dengan undangan sekitar 1000 orang termasuk anggota DPRD dan orang tua anggota Paskibraka. Upacara yang dimulai pukul 09.55 Wita itu, dipimpin Bupati Ismunandar dengan komandan upacara  Kapten laut P Haruman Ari Afrizal – Komandan KAL Kudungga.

                Prosesi peringatan sendiri berlangsung singkat, diawali dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua Sementara DPRD Kutim, Uce Prasetyo kemudian pembacaan doa dipimpin Kepala Kantor Kemenag Kutim, Ambotan, diakhiri dengan pengibaran Bendera Merah Putih.

                Salah satu rangkaian acara yang menyedot perhatianm undangan yakni pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan 36 pelajar pilihan se Kutim. Latihan selama 2 pekan, mereka sajikan dengan apik.

                Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dikomandani Pelda Inf Nur Hasan dari Kodim 0909 Sangatta, sementara pengebira Bendera Raju Sanjaya  dan M Wahyu Erni dari SMA 1 Sangatta Utara, kemudian Kevin Oktaviandra SMA 2 Sangatta Utara dan yang menjadi titik perhatian yakni  Vaolincia – SMKN 2 Sangatta Utara yang bertugas membawa sang  Dwi Warna setelah diterima dari Bupati Ismunandar.(SK11)