Beranda ekonomi Tingkatkan Produksi, Pertamina Bor 4 Sumur di Kutim

Tingkatkan Produksi, Pertamina Bor 4 Sumur di Kutim

111
0
BERBAGI

SANGATTA (16/6-2017)
Seakan tak henti-hentinya berupaya melakukan produksi minyak mentah demi pemenuhan kebutuhan minyak dalam negeri. Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field kembali melakukan pengeboran 4 sumur sumber minyak bumi di Kutai Timur.
Yossi Ardila selaku Manager Legal and Relations Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field, menerangkan, Pertamina melakukan giat eksplorasi pada sumur Brajanata 1. Selain itu tiga sumur lainnya yang dilakukan eksploitasi yakni sumur ST 11, ST 12 dan ST 13.
Terkait potensi oil yang bisa dihasilkan dari keempat sumur, diakui belum bisa dihitung. Karena satu sumur masih dilakukan eksplorasi, sementara ketiga sumur lainnya diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang signifikan untuk meningkatkan produksi terutama bagi field Sangatta. “Hingga saat ini jumlah produksi oil khususnya di wilayah Sangatta dan Sambera mencapai 1.700 barrel oil per hari,” terangnya setelah melakukan pertemuan dan buka puasa dengan Bupati Ismunandar.
Diakui Yossi, produksi oil yang dihasilkan Pertamina Field Sangatta jauh dari target produksi yang diinginkan. Namun dengan melakukan pengeboran terutama pada 3 sumur yang ada diharapkan memperoleh hasil maksimal. Selain itu, upaya melakukan perawatan atau maintenance terhadap sumur-sumur aktif dan sumur-sumur tua yang ada di wilayah eksplorasi Field Sangatta tetap dilakukan, agar tetap mampu memberikan hasil oil atau minyak bumi yang optimal. “Saat ini memang sulit menemukan minyak mentah yang banyak, umumnya sumur yang ada sudah tua,” bebernya.(SK3)