Beranda ekonomi TMMD 94 Permulus Jalan Antarkecamatan

TMMD 94 Permulus Jalan Antarkecamatan

591
0
BERBAGI

SANGATTA,Suara Kutim.com (27/5)
mulusPerbaikan jakan antara Desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar ke Desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal, sepanjang 4,5 Km selama TMMD 94 di gelar Koim 0909 Sangatta selama 21 hari, meski belum beraspal namun sudah memberi arti bagi masyarakat kedua desa. “Jalan yang ada bagus bahkan beraspal, namun jarak tempuhnya lebih lama sedangkan jalan yang diperbaiki melalui TMMD membantu sekali karena lebih pendek,” kata seorang pria mengaku Sekretaris Desa Benua Baru Kecamatan Muara Bengkal saat sejumlah wartawan meninjau proyek TMMD, Selasa (27/5).
TMMD ke 94 yang digelar 21 hari, program utamanya memperbaiki jalanan antar desa dengan tujuan mendorong perekonomian masyarakat serta mempermudah arus barang dan orang. “Dengan jalan yang cukup baik, bisa ditingkatkan atau dilanjutkan peningkatannya dengan pengaspalan atau dicor semen agar tahan lama dan lebih baik lagi,” kata Plt Bupati Ardiansyah Sulaiman.
Ardiansyah menyebutkan peningkatan kualitas jalan hasil TMMD bisa dimasukan dalam program tahun anggaran 2016 atau 2017. “Melihat hasil yang dikerjakan, tinggal peningkatan kualitas jalan yang ada semoga bisa tahun depan bisa diprogramkan sehingga percepatan pembangunan kawasan pedalaman lebih cepat terwujud,” ujar Ardiansyah.
Selama 21 hari, TMMD di wilayah Kodim 0909 Sangatta sasaran utamanya memperbaiki jalan antardesa dari Desa Mawai Indah ke Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal sepanjang 4,5 Km. ”Perbaikan jalan antardesa bertujuan membuka daerah yang terisolir sehingga potensial untuk dikembangkan, mempelancar dan meletakan roda perekonomian rakyat, selain itu membuka usaha tani serta mempermudah akses ke fasilitas pendidikan dan pelayanan publik,” terang Dandim 0909 Sangatta Letkol Ibnu Hudaya.
Selain memperbaiki jalan, juga dilakukan rehabilitasi BPU Desa Mawai Indah, Pembangunan pasar masjid, Rehab Gereja serta Rehab Lapangan Volly Ball. Kemudian bersama sejumlah SKPD, digelar penyuluhan KB dan Kesehatan, Pertanian dan Peternakan, Pendidikan, Kerukunan Ummat Beragama, LH, Perkebunan, Kehutanan dan Perikanan, Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Bahaya penyalahgunaan narkoba, Kamtibmas serta pengobatan massal dan bakti sosial.
Plt Bupati Ardiansyah bersama Dandim Ibnu Hudaya dan pejabat lainnya seusai menutup TMMD, meresmikan penggunaan jalan TMMD 2015 dengan pemotongan pita serta pelepasan burung dara.(SK-03/SK-09)