Beranda kutim Truk Terbesar di Dunia, Menjadi Monumen Tambang di Folder Ilham Maulana

Truk Terbesar di Dunia, Menjadi Monumen Tambang di Folder Ilham Maulana

9850
0

SANGATTA (12/10-2018)
Sebuah alat berat yang pernah dioperasikan PT Kaltim Prima Coal (KPC) menambang batubara, dalam waktu tidak lama akan ada di Folder Ilham Maulana Sangatta Utara. Pengangkut emas hitam berbobot 500 ton lebih itu yakni HD Liebheer T 282 B yang selama ini kerap hilir mudik dalam areal tambang KPC.
Mobil raksasa asal Jerman ini, kini sudah tidak dioperasikan lagi karena usia sehingga akan ditempatkan di sisi Folder Ilham Maulana sebagai Monumen Tambang. Bakal ditempatkannya mobil tambang seharga Rp60 M ini terwujud dalam waktu tidak lama, karena tempat monument tambang dibangun pembangunannya sudah dimulai yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Ismunandar bersama sejumlah pejabat lainnya termasuk Wabup Kasmidi Bulang dan CEO KPC Muhammad Rudy.
“Ini kado istimewa bagi Kutim yang sedang merayakan HUT Kutim ke 19, karena mobil raksasa ini jarang dilihat orang kecuali mereka yang kerja ditambang, diharapkan pada Porprov nanti sudah diresmikan,” harap Ismu seraya menambahkan jika mereka mengshare fotonya orang akan tahu kalau lokasinya Sangatta.
Proyek yang bakal menghabiskan dana cukup besar ini, diakui Agus sebagai Ketua Panitia Pembangunan, harus dikaji mendalam karena bobot dan tinggi T 282 B. “Kemungkinan besar nanti akan dipotong-potong dulu, setelah itu dibawa ke lokasi untuk dirangkai kembali,” beber Agus seraya menyebutkan tinggi ban T 282 B mencapai 4 meter sementara lebarnya 9,53 m.
Kepada Suara Kutim.com ia menyebutkan biaya untuk mengangkut potongan mobil yang masih punya nilai jual miliaran rupiah ini, dibutuhkan dana Rp250 juta belum biaya pemotongan, penyambungan dan pemolesan ketika ditempatkan di Folder Ilham Mualana.(SK12)