Beranda ekonomi Visa Haji Mulai Diproses

Visa Haji Mulai Diproses

144
0

JAKARTA (13/6-2019)

                Seiring mendekati pemberangkatan jamaah haji tahun 2019, Tim Penyelesaian dan Pemvisaan Paspor Jemaah Haji Tahun 2019 sudah melakukan pemrosesn penerbitan visa haji dari Kedubes Arab Saudi.  Hingga saat ini, terang  Kepala Sub Direktorat Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler, Nasrullah Jasam, lebih 70 ribu paspor dikirim dari daerah untuk diproses visa. “Paspor yang kami terima segera di verifikasi untuk proses pengajuan visa ke Kedutaan Besar Arab Saudi,” kata Nasrullah.

Disebutkan, Indonesia tahun ini akan memberangkatkan 235.100 jamaah haji termasuk petugas, sementara yang paspor yang diterima sekitar 25 persen. Terkait jamaah haji asal Kaltim yang akan berangkat melalui Embarkasi Balikpapan, ia menerangkan paspor yang  diterima sebanyak  900 eksemplar sementara quota haji Kaltim yang sudah memastikan berangkat sebanyak 2.843 orang.

Meski demikian, Nasrullah yakin dalam beberapa hari kedepan semua paspor jamaah sudah diterima karena informasi yang ia dapat semua sudah melalui pemeriksaan dan pengecekan di masing-masing Kantor Kemenag. “Dalam sepekan kedepan semua paspor sudah diantar ke Jakarta, karena tahapannya memang ada terutama bagi jamaah glombang pertama harus sudah diterima dan diproses lebih awal termasuk petugas yang akan berada di Makkah dan Madinah lebih dahulu,” terangnya.

Terpisah Kasi Urusan Haji dan Umrah Kemenag Kutim, Sofyansyah menerangkan paspor jamaag haji asal Kutim telah melalui pemeriksaan dan pengecekan, bahkan telah dikirim ke Kanwil Kemenag Kaltim di Samarinda. “Semua paspor jamaah haji yang sudah melunasi ONH telah dikirim ke Kanwil Kemenag Kaltim, nantinya akan dibawa bersama daerah lain ke Jakarta untuk diproses penerbitan visa hajinya,” terangnya.(SK12/SK11)