Beranda ekonomi Warga Bangun Jaya Senang, Alat Tanam Padi Hemat Biaya Produksi

Warga Bangun Jaya Senang, Alat Tanam Padi Hemat Biaya Produksi

403
0
Salah seorang petani di Bangun Jaya Kecamatan Kaliorang saat menanam padi dengan alat tanam yang belum lama ini mereka terima dari Dinas Pertanian Kutim.

SANGATTA (10/1-2018)
Supanjen – Kepala Desa Bangun Jaya Kecamatan Kaliorang mengaku senang dengan bantuan alat pertanian yang diterimanya belum lama ini. Pasalnya, dengan alat tanam bisa warganya bisa mempercepat masa tanam padi.

Supanjen
Kepada Suara Kutim.com, dijelaskan di Desa Bangun Jaya terdapat 150 Ha sawah yang bisa digarap. Namun, karena kendala peralatan, lahan yang digarap belum maksimal. “Pada kelompok tani Sumber Rezeki ada 33 ha dengan anggota 29 orang, sementara di Bangun Jaya ada 17 kelompok tanu dengan lahan yang tergarap 150 Ha dan bisa dikembangkan 300 Ha,” terangnya, Rabu (10/1).
Terkait alat tanam padi yang diterima dari Dinas Pertanian Kutim belum lama ini, diakuinya bermanfaat banyak bagi petani. “Alat tanam padi itu baru pertama kami gunakan dan kami merasa terbantu, karena kalau tanam padi manual diperlukan 6 orang penanam dengan waktu 2 hari per hektar beluim termasuk tenaga cabut bibit, sementara dengan alat tanam padi cukup 2 orang dan dapat menyelesaikan penanaman untuk 1 hektar dengan waktu satu hari serta tanpa tenaga cabut bibit,
ungkap Supanjen seraya mengakui alat yang digemari masyarakat ini irit tenaga dan biaya.
Disebutkan, kini petani di Desa Bangun Jaya semakin bergairah menanam padi karena biaya yang dikeluarkan minim namun hasilnya maksimal. Ia mengakui, selama ini petani dan kelompok tani mengalami kegalauan karean biaya produksi besar. “Alat tanama padi itu sungguh menyenangkan kami, rasanya warga ingin membuka lahan lagi biar tambah banyak padi yang dihasilkan,” bebernya.(SK11)