Beranda kutim adv pemkab Warga Selangkau Juga Dukung Pembangunan Pabrik Semen

Warga Selangkau Juga Dukung Pembangunan Pabrik Semen

101
0
Wagub Kalti Hadi Mulyadi saat di Selangkau Kecamatan Kaliorang.

SANGATTA (22/4-2019)

                Warga Desa Selangkau Kecamatan Kaliorang juga mendambakan kehadiran pabrik semen, karena bisa membawa kesahteraan rakyat serta mendorong percepatan pembangunan Selangkau. Kades Selangkau, Hasbulllah saat menerima kunjungan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dan Wabup Kasmidi Bulang serta pejabat Pemprov Kaltim menyebutkan sudah lama warga Selangkau pabrik semen menanti.

Wagub Hadi Mulyadi mengamati peta Gunung Sekerat

                “Kami menyadari, kehadiran perusahaan telah memberi dampak kepada masyarakat dan desa karena selain membuka lapangan kerja juga mendorong percepatan pembangunan daerah,” kata Hasbullah dalam pertemuan yang digelar disebuah tenda itu.

                Bagi warga Sekerat yang berjumlah 300 KK, kata Hasbullah, kehadiran perusahaan selama ini telah memberi arti bagi kesejahetraan rakyat karena hampir semua warga telah bekerja sehingga dapat memperbaiki derajat kesejahteraannya. “Mereka bekerja, sudah bisa menghidupi diri sendiri selama ini akibat tidak bekerja akhirnya terjerumus dalam kegiatan kurang positif,” ungkapnya.

                Terkait adanya penolakan sejumlah mahasiswa, Hasbullah menyarangkan sebaiknya warga yang menolak berbicara dengan warga Sekerat dan Selangkau, karena yang merasakan langsung adalah warga Sekerat dan Selangkau. “Kami tidak mau miskin selama-lamanya, cukup sudah penderitaan ini, kami ingin menatap masa depan yang lebih baik. Anak-anak Selangkau harus maju, dan kelak ia menjadi orang hebat setara dengan anak-anak perkotaan,” kata Hasbullah.

                Meski demikian, ia menaruh harapan agar perusahaan benar-benar memperhatikan tenaga kerja sekitar pabrik. Karenanya, Hasbullah minta Pemprov dan Pemkab Kutim tegas dalam penerimaan tenaga kerja. “Kami minta perusahaan pabrik semen nantinya benar-benar menampung dan menjalin kemitraan usaha dengan masyarakat, jangan buat kami sebagai penonton,” pintanya.

                Menanggapi harapan Hasbullah, Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi karena tujuan pemerintah mengundang investor agar warga yang tidak bekerja bisa mendapatkan pekerjaan, selain itu mampu mendorong perekonomian masyarakat. “Yang pasti, apa yang disampaikan akan menjadi bahan pertimbangan Pemprov Kaltim terkait pabrik semen di Sekerat ini,” kata Waguab Hadi Mulyadi dalam pertemuan yang dihadiri puluhan tokoh masyarakat dan pemuda di Selangkau.(SK11)