Beranda ekonomi 210 Warga Kutim Pastikan Melaksanakan Haji

210 Warga Kutim Pastikan Melaksanakan Haji

718
0

SANGATTA (2/6-2019)

                Warga Kutim yang sudah memastikan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2019 sebanyak 210 orang, terjadi penambahan 32 dari kuota 178 orang. Kasi urusan haji dan umrah Kemenag Kutim, Sofyansyah menerangkan Calon Jamaah Haji (CHJ) yang melunasi BPHI tahap pertama sebanyak 133 orang, tahap dua 21 orang, dan tahap 3 sebanyak 3 orang.

                Jamaah Haji Indonesia (JHI) asal Kutim sendiri  tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 10 Balikpapan (BPN) yang terdiri jamaah dari Paser dan Samarinda. Kloter 10 Balikpapan dijadwalkan terbang ke Makkah – Arab Saudi, Kamis (1/8).

                CHJ Kutim termasuk Gelombang II artinya dari Balikpapan langsung menuju Makkah, setelah puncak haji baru bergeser ke Madinah dan kembali ke Balikpapan. “Yang pasti saat ini diketahui jadwal pemberangkatan pertama kloter satu dimulai tanggal 7 Juli 2019 yang sehari sebelumnya sudah masuk asrama haji,” terang Sofyansyah.

                Dijelaskan,  Jemaah Haji akan mulai masuk asrama haji kemudian menjalani proses persiapan pemberangkatan yang dilakukan tim pelayanan terpadu mulai dari proses Custom Immigration and Quarantine (CIQ) serta city check-in, pemantapan manasik, pembagian uang living cost, dan perlengkapan haji lainnya. “Asrama haji harus steril dan ketika Jemaah Haji sudah berada di dalam asrama haji, diharapkan dapat istirahat dan tidak diganggu lagi dengan kunjungan-kunjungan keluarga,” terangnya seraya menambahkan pemberangkatan Gelombang dua dimulai tanggal 20 Juli hingga 5 Agustus 2019.

                Selama di Makkah, CHJ Kutim akan berada di kawasan Ray Bakhsy yang diperkirakan berjarak lebih kurang 1 Km dari Masjidil Haram. Karena dalam jarak dekat, kemungkinan CHJ Kutim tidak disediakan bus shalawat seperti tahun 2018 lalu yang berada di kawasan Aziziah. (SK11)

Artikulli paraprakCatatan Perjalanan Haji (16)
Artikulli tjetërDinkes Kutim Buka Call Center Darurat Lalulintas