Beranda hukum 3 Warga Sangatta Positif Suspek Difteri

3 Warga Sangatta Positif Suspek Difteri

1589
0

SANGATTA (2/1-2017)
Warga Sangatta yang diduga suspek difteri, bertambah menjadi 3 orang. Kepastian bertambahnya penderita difteri, dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani Hasanal. Kepada Suara Kutim.com, Selasa (2/1) dijelaskan berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan Dinas Kesehatan Kaltim, 3 warga yang dinyatakan positif.
Namun untuk lebih memastikannya, hasil uji mikroskotik dikirim ke laboratorium di Surabaya, Jawa Timur, untuk dilakukan uji kultur. “Hasil uji laboratorium yang dilakukan Dinkes Kaltim dari hasil usapan yan diambil dari tenggorokan terhadap 2 pasien dugaan suspek defteri yang kini ditangani RSU Kudungga Sangatta dan keluarga pasien tersebut, hasilnya ada 3 orang yang diduga positif suspek difteri,” bebernya.
Ia menyebutkan, kedua pasien yang dinyatakan positif yakni ibu dan anak yang kini dirawat intensif di RSU Kudungga, sementara 1 pasien lainnya keluarga pasien yang dirawat.
Terkait uji kultur, dijelaskan, untuk mendapatkan data yang lebih akurat karena dengan uji kultur diketahui perkembangan virus yang ada serta ingin diketahui apakah benar-benar difteri atau tidak.
Dinas Kesehatan Kutim, ujar Bahrani, akan melakukan tidakan lebih yakni meminta persetujuan Bupati Kutim menyatakan KLB difteri, jika uji kulutur yang d di Surabaya menyatak postif. “Langkah-langkah antisipasi tetap dilakukan seperti melakukan vaksinasi DPT (Defteri, Polio dan Tetanus) kepada pasien dan keluarga pasien, serta tenaga keperawatan yang ada di RSU Kudungga Sangatta,” terangnya.(SK3)

Artikulli paraprakKPU dan Panwas Cek Kantor Garuda Serta Berkarya
Artikulli tjetërSR Ditangkap di Teluk Pandan, Akui Menganiaya William dan Wekeke