Beranda kutim 30 Persen Warga Kutim Belum Terekam di e-KTP

30 Persen Warga Kutim Belum Terekam di e-KTP

1025
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
            Warga Kutai Timur (Kutim) yang belum terekam di program e-KTP sebanyak 30 persen, sementara pemberlakukan KTP Nasional, tingga 6 bulan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim Murdiansyah didampingi Kabid Pengembangan Aplikasi Data Basyumi, menyebutkan warga yang belum melakukan perekaman mencapai ratusan ribu orang belum termasuk warga yang memasuki usia 17 tahun. “KTP Nasional  hanya berlaku hingga akhir Desember tahun ini, tapi masih banyak warga Kutim yang belum terekam pada  e-KTP,” katanya.
Dikatakan, Disdukcapil kini melakukan  jemput bola  dengan mendatangi masyarakat di desa-desa untuk melakukan perekaman. “Alhamdulillah,  selama enam bulan sudah tiga  kecamatan yang berhasil diselesaikan perekamannya yakni  Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Telukpandan,” terang  Basyumi seraya menyebutkan selama Ramadhan kegiatan pereaman dihentikan namun jika ada warga yang datang tetap dilayani.
Dijelaskan, setelah lebaran, perekaman di lapangan dilanjutkan di  Bengalon, Rantau Pulung.  Keduanya mengakui, perekaman bisa berlanjut sepanjang tersedia dana karena petugas yang ada di lapangan kadangkala harus menanti warga yang datang.
Diakui,  lambatnya  perekaman  data E- KTP  bukan karena  petugas  namun karena faktor kesadaran masyarakat masih lemah.  Saat perekaman massal,  ujar Basyumi, masyarakat  harus datang ke kantor camat untuk di rekam.  “Saat itubanyak yang mengeluh karena jarak yang jauh, sehingga tak mau selain itu  alasan lainnya   KTP Nasional  masih berlaku, faktor lainnya   banyak masyarakat belum butuh KTP  karena itu mereka tak  mau melakukan perekaman,” beber Basyuni.

Sikap masyarakat yang apatis, Disdukcapil melakukan perekaman  mobil namun  karena keterbatasan waktu dan dana sehingga lamban.  “Untuk kecamatan yang dekat, mungkin  saat ini masih belum terlalu rumit yang rumit itu perekaman di kecamatan jauh-jauh,” katanya.(SK-02)   
Artikulli paraprakPengiriman Logistik Pilpres Lancar dan Aman
Artikulli tjetërKPU Kirim Logistik ke Ranpul dan Teluk Pandan