Beranda foto 4 TPU Sudah Penuh, KPC Hibahkan 4 Ha Untuk TPU

4 TPU Sudah Penuh, KPC Hibahkan 4 Ha Untuk TPU

1403
0
TPU Majai salah satu TPU di Sangatta yang sudah penuh, meski demikian masih ada warga yang minta keluarganya dimakamkan di pemakaman tertua di Sangatta ini meski harus tumpang tindih makam

SANGATTA,Suara Kutim.com (5/4)
Beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Sangatta seperti TPU Majai, Gang Banjar sudah penuh sehingga kerap warga yang dimakamkan sudah tumpang tindih dengan maka lama. Satu-satunya makam yang masih terbuka yakni di Sangatta Selatan, namun dalam beberapa tahun kedepan diprediksi sudah penuh pula seiring bertambahnya warga Sangatta.
Berutung disela-sela ketiadaan lahan yang ideal, Pemkab Kutim mendapat hibah lahan seluas 4 Ha dari PT KPC. Lahan yang berada di Dusun Kabo Jaya Desa Swarga Bara ini, sudah dijadikan TPU untuk ummat muslim dan non muslim.
Kepala UPT KPP Sangatta, Basuki Isnawan, menerangkan lahan yang dihibagkan KPC sudah diland clearing. Ia mengakui, lahan eks tambang batubara ini tidak jauh dari kota Sangatta bahkan berada di tepi jalan menuju Rantau Pulung. “Dari lahan seluas empat hektar, dibagi dua yakni untuk muslim dan non muslim masing-masing dua hektar,” terang Basuki.
Untuk memudahkan penggunaan lahan TPU, disebutkan sudah dibentuk pengelola khusus ummat Islam dikelola Desa Kabo Jaya. Basuki mengakui, lahan yang ada kemungkinan besar belum memenuhi dalam beberapa tahun kedepan sehingga perlu cadangan. “Dari 4 lokasi makam muslim yang ada di Sangatta hampir penuh yakni perkuburan muslimin di Gang Banjar dan di Sangatta Selatan. Sedangkan perkuburan di Gang Maja’i Sangatta Utara, sudah over load. Walaupun terkadang ada saja keluarga yang masih memaksa meski harus tumpang tindih,” ungkap Basuki.(SK-03)

Artikulli paraprakCamat Sangsel, Usul Penakaran Buaya di Nipah-Nipah
Artikulli tjetërDitabrak Mobil, Pasutri Tewas Bersamaan Ditempat