Beranda kutim adv pemkab Penularan COVID-19 Bisa Tanpa Gejala, Dinkes Kutim Himbau Waspadai OTG

Penularan COVID-19 Bisa Tanpa Gejala, Dinkes Kutim Himbau Waspadai OTG

336
0

SANGATTA (7/4-2020)

Di tengah gempuran wabah pandemi Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), ada angin segar bagi Kutai Timur. Hari ini pasien terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kutim atau KTM2 yang tengah menjalani perawatan di RSUD Taman Husada Bontang, sudah dinyatakan sembuh dan kini pihak keluarga tengah memproses kepulangannya dari Rumah Sakit. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, dr. Bahrani Hasanal kepada awak media, Selasa (7/4).

Kepala Dinkes Kutim, Bahrani Hasanal

“Untuk pasien KTM2 yang dirawat di Bontang, akan dilakukan penyerahan dan sudah dinyatakan sembuh. Hari ini sudah dijemput oleh pihak keluarga. Hasil negatif COVID-19 ini diperoleh setelah dua kali melakukan tes swab kepada pasien KTM2, dan hasil dari kedua tes tersebut dinyatakan negatif. Alhamdulillah ini menjadi kabar gembira buat Kutim dan semoga menjadi semangat positif bagi pasien-pasien lainnya yang juga masih menunggu hasil tes swab,” ujar Bahrani.

Lanjut Bahrani, meskipun ada kabar gembira, namun dirinya tetap ingin mengingatkan kepada masyarakat, bahwa dari ketiga pasien asal Kutim yang sudah dinyatakan positif COVID-19 sebelumnya, dan kini ada yang dinyatakan sembuh, ketiga pasien tersebut pada umumnya memiliki kondisi badan yang sehat dan minim keluhan. Bayangkan jika ketiga yang merasa dalam kondisi sehat namun ternyata positif dan tidak patuh menjalankan isolasi mandiri di rumah, tentu mereka akan menginfeksi kepada lebih banyak orang lainnya.

“Yang perlu kami ingatkan, ketiga pasien positif COVID-19 asal Kutim, semuanya merasa dalam kondisi sehat saat dinyatakan positif. Bayangkan jika mereka tidak patuh menjalankan isolasi mandiri dan tetap menjalankan aktivitasnya sehari-hari, mungkin akan lebih banyak lagi orang yang tertular dari mereka,” jelas Bahrani.

Lebih jauh dikatakan Bahrani, dirinya kembali menghimbau agar masyarakat tetap patuh mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya pencegahan penularan COVID-19. Terutama tetap menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, tetap menggunakan masker selama keluar rumah, untuk menghindari penularan dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ternyata sudah terinfeksi Corona.

“Kami kembali menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan dan anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penularan COVID-19. Tetap menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh benda dan sebelum menyentuh bagian wajah, serta tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Waspada terhadap penularan dari OTG (Orang Tanpa Gejala, red) yang ternyata sudah terinfeksi COVID-19 dengan tetap menggunakan masker,” tegas Bahrani.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakMaksimalkan Upaya Pencegahan Penularan COVID-19, Camat Sangatta Utara Rangkul Takmir dan Imam Masjid
Artikulli tjetërPenularan COVID-19 Bisa Tanpa Gejala, Dinkes Kutim Himbau Waspadai OTG