Beranda kutim 60 Tim Berburu Ikan Terberat di Kutim

60 Tim Berburu Ikan Terberat di Kutim

0

Loading

SANGATTA (23/12-2017)
Sebanyak 60 tim mulai pukul 14.00 Wita nanti akan beradu keberuntungan di perairan Kutim, mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya. Mereka akan berlaga dalam Bupati Kutai Timur Fishing Tournament 2017 yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim bersama Lanal Sangatta.
Lomba menyemarakan Hari Nusantara dan Hari Armada Tahun 2017 ini, rencananyanya dibuka Bupati Ismunandar di Pelabuhan Laut Kutim di Dusun Kenyamukan Sangatta Utara. “Lomba memancing digelar setiap tahun untuk memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan laut sebagai sumber pendapatan melalui penangkapan ikan, selain itu memperkenalkan potensi lestari kelautan dan perikanan serta wisata bahari Kutim,” terang Kadis Kelautan dan Perikanan Nur Ali.
Bersama Suharman sebagai Ketua Panitia serta Fituralllah, Humas Panitia Lomba, disebutkan peserta selama melakukan pemancingan harus berada dalam ground 20 nautical mile dari basse turnamen, selain itu setiap peserta maskimal berjumlah 5 orang termasuk ketua tim.
Turnamen yang berakhir Minggu (24/12) pukul 14.00 Wita ini menggelar tiga kategori yakni terberat meliputi travelly, tenggiri, kakap, kerapu, tuna, barracuda, lemadang, amberjack dan escolar. Kemudian spesialis terdiri travelly, tenggiri, baracuda, kakap, kerapu dan tuna. Kategori ketiga yakni jensi ikan billfish. “Panitia telah menetapkan setiap satu ekor berhak atas satu gelar dimana pada pada katagori terbereat hadiah pertama sebesar Rp30 juta, disusul Rp15 juta dan Rp7,5 juta selain itu menerima piala dan piagam,” terang Suharman.
Sementara pada masing-masing species disediakan hadiah Rp5 juta untuk juara pertama sedangkan juara dua dan tiga masing-masing mendapat Rp3 Juta dan Rp2 Juta. “Terhadap peserta yang mendapat ikan marlin, layaran dan todak namun dilepas kembali akan mendapat hadiah sebesar Rp 1juta namun harus dibuktikan dengan rekaman gambar bergerak atau video bukan foto,” timpal Fitrullah seraya mereka telah menyiapkan tim IT untuk mengecek keaslian gambar.(SK12)