Beranda hukum Abdal Resmi Diangkat Sultan Kutai Kartanegara Sebagai Kepala Adat Besar Kutai di...

Abdal Resmi Diangkat Sultan Kutai Kartanegara Sebagai Kepala Adat Besar Kutai di Kutim

0
Haji Sayyid Abdal Nanang Al Hasani, Rabu (16/11) resmi dinobatkan sebagai Kepala Adat Besar Kutai di Kutai Timur (Kutim). ditandai dengan pengambilan sumpah serta pemasangan kopiah oleh Putra Mahkota H Adji Pangeran Adipati Prabu Anung Suryahadiningrat.

Loading

SANGATTA,Suara Kutim.com (16/11)
Haji Sayyid Abdal Nanang Al Hasani, mulai Rabu (16/11) resmi dinobatkan sebagai Kepala Adat Besar Kutai di Kutai Timur (Kutim). Penobatan mantan Ketua DPRD Kutim ini ditandai dengan pengambilan sumpah serta pemasangan kopiah oleh Putra Mahkota H Adji Pangeran Adipati Prabu Anung Suryahadiningrat.
Prosesi pengangkatan Kepala Adat Besar Kutai di Kutim merupakan yang kali pertama digelar, karenanya Sultan Kutai Kartanegara HAM Salehuddin II hadir bersama istri. Penobatan Abdal Nanang sebagai Kepala Adat Besar Kutai sesuai restu yang diterbitkan Adji Sultan Muhammad Alimuddin II Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI.
Dalam pernyataan yang diterbitkan di Tenggarong pada 14 Juni 2016, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martapura XXI, Abdal merupakan putra Kutai di Kutai Timur yang dapat mengayomi kerukunan dan kedamaian masyarakat, menjaga, mengamankan dan memelihara serta melestarikan situs-situs budaya leluhur kerajaan Kutai Kartanegara. “Kesultanan Kutai percaya Abdal Nanang akan menjaga dan melestarikan adat istiadat Kutai di Kutai Timur yang berdasarkan sejarah merupakan bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,” terang Adji Sultan Muhammad Alimuddin II.
Abdal Nanang yang kini sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kutim, menyebutkan akan mengangkat dan memperkenalkan adat Kutai di Kutim agar bisa dikenal lebih luas. “Jika semua tersusun baik programnya, aka nada Erau juga di Kutim sehingga mampu mendukung kepariwisartaan Kutim, terlebih Kutim ini mempunyai sejarah budaya dan situs yang tidak bisa diabaikan seperti TNK dan Goa Kongbeng,” ungkap Abdal Nanang.(SK11)