Beranda hukum Aktifitas Jamaah Haji Terekam Ribuan CCTV, Termasuk Merokok dan Memasak

Aktifitas Jamaah Haji Terekam Ribuan CCTV, Termasuk Merokok dan Memasak

649
0

MAKKAH (17/8-2018)
Jamaah Haji Indonesia diingatkan Ketua Kloter 4 Balikpapan DR Rusdian Noor untuk benar-benar mentaati peraturan yang ditetapkan Maktab, Pengelola Pemodokan serta Daerah Kerja Haji Indonesia, agar nama Indonesia yang dikenal sebagai jamaah tertib, santun dan menjadi tauladan bagi negara lain tetap terjaga.
Kepada Suara Kutim.com, ia menyebutkan semua aktifitas jamaah di semua pemondokan terekam kamera CCTV sehingga bergai aktifitas jamaah akan dievaluasi dan menjadi perhatian pihak keamanan. “Kamera CCTV itu hanya tidak ada dalam kamar saja, namun lorong dan sudut-sudut di hotel selalu terpantau,” terangnya seraya menyebutkan ia belum lama diajak pengelola Hotel dan Maktab meninjau pusat kendali data haji di Makkah.
Salah satu perhatian Maktab dan hotel, ujar Rusdi, masih adanya jamaah yang merokok di tempat yang dilarang seperti dalam kamar, lorong, dan lobby. Selain itu,dideteksi jamaah masak dalam ruangan sehingga menimbulkan panas yang membuat alarm berbunyi. “Bahkan ada bau ikan asin digoreng selain alarm berbunyi, juga membuat bau hingga loby,” ungkapnya.
Terkait larangan merokok dalam hotel, ia menambahkan manajemen sudah berkali-kali meminta semua Ketua Kloter untuk mengingatkan jamaah haji karena selain menimbulkan bau tak sedap juga merugikan jamaah lainnya. “Kami sangat berharap, jamaah bisa mentaati ketentuan yang ada demi menjaga nama baik Indonesia di mata masyarakat dan pemerintah Arab Saudi, demikian dengan aktifitas yang dapat menganggu kenyamanan jamaah lainnya,” imbuhnya.(SK12)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetërKangkung dan Bayam Makkah Dari Taif