Beranda ekonomi Anjas : Aspirasi Kembali ke Konstituen

Anjas : Aspirasi Kembali ke Konstituen

597
0

Sangatta (21/2-2019)

Meskipun DPRD  bekerja untuk seluruh masyarakat, namun  untuk urusan pokok pikiran atau yang  lebih dikenal sebagai aspirasi, hanya fokus untuk konstituen di daerah pemilihan (Dapil) personel DPRD itu sendiri. Demikian dikatakan anggota DPRD Kutim Sayid Anjas, pada wartawa beberapa waktu lalu.

Sayid Anjas – Anggota DPRD Kutai Timur.

“Aspirasi  DPRD itu  khusus untuk konstituen di Dapil masing-masing DPRD,” katanya.

Diakui, aspirasi itu adalah permintaan masyarakat melalui proposal, untuk suatu program pembangunan di daerahnya masing-masing. Oleh DPRD yang menerima proposal itu, dana pokok pikiran atau aspirasi ditempatkanlah anggaran di Dinas terkait, untuk dilaksanakan.

“Contoh, kalau masyarakat di Dapil I, di Dapil saya minta dibangunakan gang. Maka aspirasi saya masukkan di PU atau Perkim, untuk digunakan membangun gang sesuai dengan permintaan masyarakat itu. Jadi bukan kami yang laksanakan, tapi dinas terkait,” jelas Anjas, menanggapi pertanyaan wartawan terkait, apakah dana aspirasi DPRD bisa diminta Dinas atau OPD, untuk membiayai kegiatan mereka di Dinas.  

Dikatakan, untuk membiayai kegiatan di Dinas, kalau memang kurang anggaran, maka dinas itu sendiri yang harus kreatif mencari anggaran. Termasuk dana CSR, atau sumber lainnya.

“Tapi kalau aspirasi, itu untuk masyarakat, untuk konstituen DPRD, sesuai dengan UU.  Itupun tidak semua masyarakat, karena hanya untuk konstituen di Dapil. Karena tidak mungkin DPRD sangggup memenuhi permintaan masyarakat yang sangat banyak,” katanya.(ADV-DPRD KUTIM)  

Artikulli paraprakNanta : Kami Menuntut Keadilan, Kami Dipecat Yang Lain Juga Dipecat
Artikulli tjetërYusuf Silambi Janji Perjuangkan Mobil Ambulance untuk Teluk Singkama