Beranda ekonomi Atang Berhasil Gunakan Biogas

Atang Berhasil Gunakan Biogas

1389
0
Keluarga Atang Sedang Masa Menggunakan Biogas

SANGATTA,Suara Kutim.com
            Sistem peternakan yang  terintegrasi dengan pertanian dan perkebunan benar-benar memberikan manfaat banyak kepada petani dan peternak.  Ini sudah dirasakan peternak di Rantau Pulung, dimana mereka bisa memanfaatkan apa yang ada pada ternak termasuk kotoran serta air seni sapi.
            Atang, salah seorang anggota kelompok tani mengaku senang dan beruntung mendapatkan bimbingan dan bantuan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak)  Kutim sehingga bisa mengembangkan ternaknya lebih baik dan menghasilkan. “Ketika diajari mengolah kotoran sapi, kami hanya tahu jika bisa dijadikan pupuk kandang namun  sisanya  ternyata  menghasilkan gas buangan yang mampu dimanfaatkan menjadi biogas dan bisa digunakan sebagai pengganti gas LPG untuk keperluan memasak atau penerangan,” beber Atang ketika menyambut kedatangan sejumlah wartawan.
            Dalam pertemuan dikediamannya yang asri itu, Atang menyebutkan  dalam satu bulan, keluarganya bisa menggunakan empat   tabung gas  ukuran 3 Kg. Namun setelah mampu memanfaatkan biogas hasil kotoran sapi,  bisa menghemat 3 buah tabung gas LPG. “Denagn penghematan tiga tabung itu, uangnya sekitar tujuh puluh ribu rupiah bisa digunakan untuk keperluan lainnya termasuk membiayai kebutuhan putranya yang sedang menempuh pendidikan strata satu di Sangatta,” beber mantan peserta transmigrasi ini.
Kabid Peternakan Dispertan Kutim Dyah Ratna Ningrum, mengakui pemanfaatan kotoran sapi  belum  dilirik masyarakat. Meski demikian, keberhasilan Atang dipadukan dengan semangat Pemrov Kaltim serta Pemkab Kutim mengembangkan peterankan sapi terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit, diakuinya memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan kotoran dan air kencing ternak sebagai  biogas dan menjadi salah satu sumber energi alternatif. “Allah telah memberikan jalan, tinggal ummat manusia saja bagaimana bisa memanfaatkannya dan bersyukur dengan karunia Allah ini,” sebutnya seraya menambahkan selama ini Pemkab Kutim sudah banyak membantu peternak dengan berbagai bantuan diantaranya sapi.(SK-03)
Artikulli paraprakSuami Istri Dituntut 6 Bulan Penjara
Artikulli tjetërKutim Pamerkan Pisang Kepok dan Jeruk BP di JEC