Beranda ekonomi Atasi Kelangkaan Tenaga Pemanen, Bupati Minta Distan Programkan Mesin Pemanen

Atasi Kelangkaan Tenaga Pemanen, Bupati Minta Distan Programkan Mesin Pemanen

1259
0
MENINJAU : Bupati Ardiansyah Sulaiman dibonceng Camat Kaubun M Amin ketika meninjau lahan pertanian di Kaubun belum lama ini. (Foto Burhan / Humas)

SANGATTA,Suara Kutim.com (29/8)
Membantu petani di Kaubun yang kekurangan tenaga untuk panen padi, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman minta Dinas Pertanian dan Peternakan mencari alat panen yang sesuai dengan kondisi sawah di Kaubun.
Menurut Ardiansyah untuk mengoptimalkan produkis padi di Kaubun lebih maksimal selain irigasi ditingkatkan juga penggunaan peralatan yang memadai sehingga membantu petani lebih cepat panen. “Tenaga kerja yang berkurang salah satu masalah bagi petani di Kaubun, mereka mengaku dua kali panen saja sudah kewalahan meski peluang untuk menanam tiga kali setahun terbuka. Agar lebih maksimal, memang harus dibantu petani Kaubun terutama daerah yang potensi tanamnyab bisa tiga kali setahun,” sebut Ardiansyah.
Saat bertandang ke Kaubun belum lama ini, Ardiansyah takjub dengan hamparan sawah milik petani yang sudah menguning, padahal lahan yang dipanen baru 35 Ha. Camat Kaubun M Amin menyebutkan lahan pertanian di daerahnya tahun 2015 tergarap 800 Ha sementara lahan potensial lebih 1000 Ha.
Putu Sudjana (53) seorang petani menyebutkan petani di Kaubun siap melakukan penanaman setahun tiga kali seperti petani di Jawa dan Bali, namun mereka terkendala dengan tenaga pasca panen. “Kini banyak tenaga kerja muda sudah bekerja di perkebunan kelapa sawit, sekarang ini kami bekerja saling membantu sesama petani agar hasil yang didapat maksimal,” sebut Sudjana.
Selain masalah tenaga pasca panen, Sudjana mengaku mereka kesulitan untuk membawa hasil panen ke pengilingan terutama disaat hujan yang tarifnya dua kali lebih mahal dimusim kering, demikian pula dengan pemasaran. “Banyak petani di Kaubun ini terjerat tengkulak, karena Bulog belum maksimal berperan,” aku pria asal Bali ini.(SK-04/SK-013)

Artikulli paraprakJamaah Haji Mulai Berkumpul di Masjid Agung, Diberangkatkan Nanti Malam
Artikulli tjetërHaji Kutim :Karso Tertua, Sukmawati Termuda, Sangatta Utara Terbanyak