Beranda kutim internasional Atlet Paralimpiade Korsel Hilang di Broad Peak

Atlet Paralimpiade Korsel Hilang di Broad Peak

327
0

SUARAKUTIM.COM, PAKISTAN – Seorang atlet Paralimpiade Korea Selatan dikabarkan hilang pada Selasa (20/7/2021). Usai jatuh dari gunung tertinggi ke-12 di dunia, Broad Peak setinggi 8.047 meter atau 26.400 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Kim Hong-bin (57), mewakili Korsel di Ski Alpine pada Paralimpiade Musim Dingin 2002 di Salt Lake City. Ia telah mencapai puncak dengan pendaki lain pada hari Minggu lalu, tetapi terjebak cuaca buruk dalam perjalanan turun, sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Klub Alpine Karrar Haidri.

“Kim jatuh ke dalam jurang di sisi gunung Cina, bagian dari jajaran Karakoram di perbatasan Pakistan dan Cina. Sisanya dari kelompok mencari dia, tapi tidak bisa tinggal di sana, dan harus turun,” jelasnya.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan dalam sebuah Tweet bahwa dia akan berpegang pada harapan untuk menemukan Kim hidup-hidup dan menunggu kepulangannya yang aman.

Broad Peak adalah puncak terakhir dalam upaya Kim untuk mendaki 14 gunung tertinggi di dunia, yang disebut “Delapan-ribuan” karena semuanya lebih dari 8.000 meter. Dia bahkan telah mendaki Gunung Everest pada 2007 lalu.

Perlu diketahui, Kim kehilangan semua jarinya karena radang dingin pada tahun 1991 saat mendaki Gunung Denali di Alaska. Dia kemudian mengambil Ski Alpine, dan juga berkompetisi di tingkat nasional dalam paracycling. Kim juga mendirikan sebuah organisasi yang mengajarkan pendakian gunung dan olahraga luar ruangan lainnya kepada anak-anak penyandang disabilitas.

Artikulli paraprakRustam Nabiev – Mantan Tentara yang Menolak Putus Asa
Artikulli tjetërKekerasan Meningkat Akibat Krisis Air di Khuzestan Iran