Beranda ekonomi Banjir Melanda Longmas, 2 Desa Terendam Sedalam 1 Meter

Banjir Melanda Longmas, 2 Desa Terendam Sedalam 1 Meter

1474
0
Banjir kerap dijadikan arena bermain bagi anak-anak
SANGATTA,Suara Kutim.com
Tingginya curah hujan di Kutim dalam beberapa hari terakhir  menyebabkan daerah langganan banjir mulai terendam. Selain di Bengalon, diperoleh keterangan dua desa di Long Mesangat (Longmas), sejak Ahad  ( 7/12) tadi terendam.
Camat  Long Mesangat Ajuansyah, Kamis (11/12) malam,  menyebutkan  tinginya curah hujan menyebabkan sejumlah sungai di daerahnya  meluap. Karena curah hujan yang tinggi,  dijelaskan Sungai Senyun dan Sungai  Mesangat di Desa Sumber Sari SP 4 dan Desa Tanah Abang SP7 tak mampu menampung air sehingga   ratusan Kepala Keluarga (KK) terendam  dengan  ketinggian 1 meter.
Ajuansyah menyebutkan kedua desa, kerap menjadi langganan banjir jika  luapan di kedua Sungai. “Karena kerap kebanjiran, kami telah meminta agar dilakukan pengerukan sebagai antisipasi banjir,” terangnya.
Disebutkan, meski kedalam air mencapa 1 meter namun belum ada warga yang mengungsi. Namun, ditegasknya akibat banjir terjadi gangguan transportasi warga, bahkan sebuah jembatan di SP8 dijelaskannya, ambruk.
Kecamatan Long Mesangat merupakan kawasan transmigrasi, kecamatan pemekaran dari Muara Ancalong dan Muara Bengkal ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya perkebunan kelapa sawit.
Namun akibat pembukaan lahan itu, diduga menjadi pendangkalan sungai dan anak sungai yang ada sehingga hujan dengan intensitas sedang, langsung membuat desa – desa yang ada terendam termasuk lahan pertanian masyarakat. “Besok kami akan mendata korban banjir, serta kondisinya sekarang,” ujar Ajuansyah.(SK-03)

 

Artikulli paraprakDi Arena MTQ Bengalon, Kerap Ditemukan CD dan Bra serta Bungkus Komix
Artikulli tjetërUtoro : Pemimpin Harus Berani dan Tidak Takut Gagal