Beranda kutim Banyak Yang Sudah Pulang, Masjidil Haram Tetap Padat

Banyak Yang Sudah Pulang, Masjidil Haram Tetap Padat

781
0
Suasana siang hari di depan Ka'bah berbeda jika malam atau subuh

MAKKAH (1/8-2018)
Meski jamaah haji secara berangsur meninggalkan Kota Makkah, tampaknya belum berpengaruh dengan kondisi di Masjidil Haram yang tetap padat dengan jamaah tawaf maupun sai. Banyaknya jamaah yang melakukan tawaf dan sai, paling banyak subuh, menjelang magrib hingga malam hari.
Data yang diperoleh Suara Kutim.com, jamaah haji Indonesia sudah puluhan ribu dari 210 ribu yang kembali ke tanah air. Selain itu, ribuan lainnya menuju Madinah untuk melaksanakan shalat fardu sebanyak 40 waktu atau Arbain.
Jamaah yang akan kembali ke tanah air atau ke Madinah, seusai melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan dengan Masjidil Haram, tak mampu menahan sedihnya. Kesedihan terjadi karena mereka menyadari untuk bisa melaksanakan ibadah haji tidak mungkin lagi, selain umrah. “Kalau mbah ini, alhamdulillah bisa haji tahun ini karenanya sedih betul sudah mau pulang ke tanah air,” kata Suparmi (76) jamaah asal Surabaya – Jatim.
Jamaah yang sudah kembali ke tanah air adalah jamaah gelombang pertama yang sebelum ke Makkah terlebih dahulu ke Madinah kemudian pulang melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah,sedangkan jamaah gelombang dua termasuk Kloter 4 Balikpapan yang berjumlah 444 orang orang, sebelum kembali ke tanah air terlebih dahulu ke Madinah. “Tinggal di Madinah sekitar delapan hari, selama di Madinah nantinya akan berziarah ke sejumlah tempat bersejarah seperti Makam Baqi, termasuk berkunjung ke Kebun Kurma,” terang DR Rusdian Noor – Ketua Kloter 4 Balikpapan.(SK12)

Artikulli paraprakMasjidil Haram Disiram Hujan, Jamaah Semakin Banyak Tawaf
Artikulli tjetërTerjaring Razia Lantas, IR Buru-Buru Buang Doubel El