Beranda kutim Bapenda Luncurkan SIP PDRD

Bapenda Luncurkan SIP PDRD

710
0

<em>SANGATTA (7/6-2018)
Memaksimalkan penerimana PAD, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutai Timur meluncurkan Sistem Informasi Pelaporan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (SIP PDRD). Kepala Bapenda Kutim, Musyaffa, menerangkan, Sistem Informasi Pelaporan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (SIP PDRD) merupakan implementasi dari Sinergitas Dengan SKPD Tehnis Dalam Peningkatan PAD (SIGEDE PAD), di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Kamis (7/6).
Musyaffa menuturkan bahwa aplikasi SIP PDRD yang merupakan pelaporan pajak daerah dan retribusi yang berbasis android ini, merupakan inovasi dari program perubahan yang diusung selama dirinya mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM) Tingkat II yakni (Siergitas Dengan SKPD Teknis Dalam Peningkatan PAD(SIGEDE PAD) meski saat Bapenda baru memaksimalkan pelaporan retribusi. “Jangka menengah atau hingga Desember mendatang, Program SIP PDRD akan mengalami pengembangan untuk pelaporan pajak daerah. Sedangkan untuk jangka panjang sudah mencakup hingga pelaporan APBD,” bebernya.
Diejelaskan, pada aplikasi SIP PDRD untuk sementara hanya bisa diakses melalui handphone android oleh pimpinan instansi teknis pengelola retribusi dan pajak daerah, beserta Bapenda, BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), Bupati Kutim, Wabup serta Sekda. Tujuannya adalah agar unsur pimpinan daerah bisa mengontrol langsung seberapa besar progres pendapatan yang dikelola oleh masing-masing instansi teknis pengelola retribusi. Sehingga jika ada target-target yang dianggap belum terpenuhi, maka Kepala Daerah bisa secara langsung memberikan arahannya kepada instansi terkait. (ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakPDAM Kutim Perpanjang Batas Waktu Pembayaran Air Bulan Juni
Artikulli tjetërKPU Siap Sebarkan Logistik Pilgub Kaltim