Beranda ekonomi Baznas Bantu 10 Keluarga Miskin Kembangbiakan Kambing

Baznas Bantu 10 Keluarga Miskin Kembangbiakan Kambing

1280
0
Plt Bupati Ardiansyah Sulaiman mengamati kambing-kambing yang disaurkan Baznas Kutim untuk 10 keluarga miskin di Desa Suka Rahmat Teluk Pandan untuk dikembangbiakan sehingga bisa digulirkan.

SANGATTA,Suara Kutim.com (28/5)
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim semakin eksis, berbagai program untuk membantu masyarakat tergolong miskin digelontorkan diantaranya penyebaran 50 ekor kambing kepada 10 keluarga di Desa Suka Rahmat Kecamatan Teluk Pandan.
Bantuan kambing senilai Rp119 juta, Kamis (28/5) diserahkan Plt Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman kepada 10 keluarga untuk dipelihara dan terus digulirkan kepada keluarga lainnya.
Ketua Baznas Idrus Yunus menerangkan program pengembangan 50 ekor kambing merupakan prorgam kali pertama di Kaltim. “Program ini merupakan program pemberdayaan dan program pengembangan zakat komoditi development,” ujar Idrus Yunus.
Idris menyebutkan, penerima manfaat mendapat 5 ekor kambing terdiri dari 1 ekor pejantan dan 4 ekor betina. Lebih jauh, mantan Asisten Pemerintahan Setkab Kutim ini menyebutkan setiap penerima berkewajiban membagikan anak kambing kepaad Baznas untuk dikembangbiakan dan dibagikan kepada penerima lainnya. “Setelah 5 tahun berjalan, indukan kambing beserta anakan yang dilahirkannya diserahkan sepenuhnya kepemilikannya kepada mustahik tersebut,” terang Idrus.
Agar kambing benar-benar diternakan dan dipelihara dengan tujuan pengembangbiakan serta perbaikan ekonomi, Baznas mengandeng PPL pertanian melakukan pengawasan dan perawatan indukan dan anakan.
Ia menambahkan, pembagian kambing bagi mustahik juga dilaksanakan di Sangatta Selatan dan Rantau Pulung. Ditargetkan akhir tahun 2015 seluruh kecamatan di Kutim mendapat program pengembangbiakan kambing.
Plt Bupati Ardiansyah Sulaiman mengingat penerima bantuan serius mengembangbiakan kambingnya hingga bisa menggulirkan kepada warga lain. Menurut Ardiansyah, jika ternak berhasil dikembangkan selain bisa meningkatkan ekomini keluarga juga menambah ketersediaan daging. “Kembangkan dan pelihara sebaiknya agar berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” pesan Ardiansyah. (SK-03/SK-09)

Artikulli paraprakKutim Kembali Raih Predikat WDP dari BPK Kaltim
Artikulli tjetërKifli : Puluhan KK Korban Kebakaran Belum Mendapat Bansos