Beranda hukum Belum Sampaikan LPj DD Tahap Pertama dan Kedua, DD Ditahan

Belum Sampaikan LPj DD Tahap Pertama dan Kedua, DD Ditahan

477
0

SANGATTA (4/9-2018)
Proses pencairan Dana Desa (DD) sejumlah desa di Kutai Timur (Kutim) kembali bermasalah, penyebabnya tiada lain terlambatnya penyerahan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) dana tahap satu dan dua, akibatnya, kata Kepala Kepala (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD) Kutim, Suwandi, belum bisa mengajukan pencairan DD selanjutnya.
Berdasarkan data Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutim, untuk Dana Desa Tahun 2018 Tahap I ada 134 Desa yang baru menyerahkan laporan realisasi penggunaan anggaran dan sekaligus mengajukan pencairan baru, sementara 5 desa belum menyerahkan laporan dan mengajukan usulan pencairan.
Sementara realisasi Dana Desa Tahap kedua baru mencapai 121 desa yang sudah melaporkan realisasi penggunaan anggaran. Sementara 18 desa masih belum menyerahkan laporan realisasi, sekaligus mengajukan pencairan.
Terkait adanya keterlambatan desa menyampaikan LPj, Sekretaris Daerah (Sekda) Irawansyah, mengingatkan Camat dan Kepala Desa (Kades) melakukan koordinasi serta bergerak cepat agar desa yang belum menyerahkan laporan realisasi anggaran dan sekaligus mengajukan kembali usulan pencairan, segara menyerahkan laporan realisasi pengunaan anggaran dan usulan pencairan.
Ia menandaskan, selama ini upaya pembinaan dan pendampingan dalam penyusunan pelaporan realisasi anggaran DD sudah dilakukan dengan harapan tidak ada alasan lagi sulit dalam menyusun pelaporan. “Kemungkinan keterlambatan dalam penyusunan pelaporan tersebut bisa saja diakibatkan tidak ada koordinasi antara Kades dan BPD,” kata Irawansyah.(SK3)

Artikulli paraprakBerbagai Cara Pedagang Tarik Perhatian Jamaah Haji Untuk Berbelanja
Artikulli tjetërIsmu Larang ASN dan Aparat Desa Sebarkan Berita Bohong