Beranda kutim BPKAD Terapkan Sispa Siada

BPKAD Terapkan Sispa Siada

863
0

SANGATTA (3/8-2018)
Memudahkan dalam pendataan dan pengamanan barang bergerak maupun tidak bergerak yang menjadi aset daerah, Bidang Aset Daerah pada Badan Pengelola Keuangan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Timur (Kutim), meluncurkan sebuah aplikasi bernama Sistem Pengamanan dan Sistem Informasi Aset Daerah (SISPA SIADA).
Kepala Bagian Aset Daerah BPKAD Kutim, Teddy Febrian menerangkan peluncuran aplikasi ini untuk memudahkan BPKAD Kutim khususnya bagian aset daerah untuk melakukan pendataan serta melakukan pengamanan terhadap barang-barang yang menjadi aset daerah, baik barang bergerak maupun tidak bergerak.
Ia mencontohkan melalui aplikasi ini sebuah OPD Kutim bisa diketahui secara online, berapa jumlah kendaraan dinas dan siapa saja yang mengunakannya. Dikatakan, tidak hanya terdata di OPD masing-masing, aset-aset tersebut juga terdata di BPKAD Kutim. Bahkan masyarakat umum juga bisa mengakses informasi aset milik pemerintah Kutim tersebut. “Jika terjadi kecelakaan lalu lintas , maka bisa segera diketahui siapa yang memiliki kewenangan memegang kendaraan dinas tersebut,” terangnya.
Demikian, dengan aset tidak bergerak seperti lahan atau bangunan, ungkap Teddy, setiap kegiatan pembangunan yang dilakukan pemkab Kutim, terlebih dahulu wajib mengantongi rekomendasi dari BPKAD Kutim bahwa lahan yang akan dibangun sudah dalam status “clear and clean” atau tidak bermasalah dengan sengketa dan sah milik Pemkab Kutim.
Ditambahkan, dalam pengamanan aset daerah, Pemkab Kutim menggandeng Polres Kutim dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangatta. “Namun koordinasi tetap dilakukan melalui Inspektorat Wilayah Kabupaten Kutim,” terangnya.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakMasjidil Haram Semakin Padat
Artikulli tjetërJamaah Diingatkan Fokus Dengan Puncak Haji di Arafah