Beranda ekonomi Bupati Ardiansyah Harapkan Lomba Ces Berlanjut dan Ditingkatkan

Bupati Ardiansyah Harapkan Lomba Ces Berlanjut dan Ditingkatkan

2730
0
Bupati Ardiansyah Sulaiman dengan kamera HPnya mengabadikan aksi seotrang peserta lomba perahu bermotor di Sangkulirang, pagi tadi.

SANGATTA,Suara Kutim.com (3/10)
balap2Lomba Perahu Bermotor (Ces/ketinting,red) yang diselenggarakan masyarakat Sangkulirang diharapkan Bupati Ardiansyah Sulaiman, tahun 2016 dikemas lebih semarak dengan memperlombakan cabang yang yang lebih banyak.
Saat membuka Lomba Balap Ketinting (LBK) tahun 2015 di Pelabuhan Sangkulirang, Sabtu (3/10) tadi, ia mengakui ide untuk menggelar LKB baru disampaikan warga Sangkulirang, sebulan lalu. “Jika persiapannya hanya sebulan sudah bagus bagaimana dipersiapkan sejak awal, nantinya tidak saja lomba ketinting tetapi meluas seperti power boat dan perahu naga sehingga Sangkulirang bisa lebih dikenal terlebih-lebih pesertanya dari berbagai daerah,” kata bupati serayan minta Kabag Humas Setkab Kutim segera menyusun program Sail Sangkulirang 2016 termasuk LBK.
LBK 2015 yang berlokasi di Pelabuhan Sangkulirang menarik perhatian masyarakat Sangkulirang, tak heran ratusan warga memadati pelabuhan lengendaris di Kutim ini. Gusti Ramli Agus – panitia penyelenggara mengaku tidak mengira peserta membludak.
LBK yang menyediakan hadiah berupa yang uang pembinaan memperlombakan kelas 6 PK sport, bebas sport,bebas perahu usaha dan kelas 6 PK usaha lokal. “Khusus perahu merupakan perahu yang biasa digunakan masyarakat untuk berusaha baik mencari ikan atau membawa penumpang, sementara sport merupakan perahu yang diperuntukan balapan,” terang Gusti.
Lomba yang sudah lama tidak digelar warga Sangkulirang ini diluar dugaan diikuti peserta dari Tenggarong, Berau dan Anggana serta Sangkulirang. Di kelas 6 sport yang menyediakan hadiah Rp17 juta, diikuti 12 peserta. Kemudian kelas bebas sport diikuti 19 peserta, sedangkan kelas usaha lokal sebanyak 29 orang dan bebas usahaa sebanyak 20 orang. “Lomba ketinting ini menjadi hiburan dan daya tarik bagi Sangkulirang yang kini terus berkembang,” kata Camat Sangkulirang Tadjudin.(SK-04/SK-13)

Artikulli paraprakAkhirnya, 77 Karyawan PT Indexim Terkena PHK
Artikulli tjetërPolisi Periksa Pembakar Lahan, Pembakaraan Lahan Tetap Semarak