Beranda kutim Calhaj Kutim Ikuti Manasik

Calhaj Kutim Ikuti Manasik

961
0
Calhaj Indonesia sedang menanti pemberangkatan 
SANGATTA,Suara Kutim.com
Sebanyak 133 warga Kutai Timur (Kutim), sejak Senin (16/6) mulai mengikuti pembekalan  haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementrian Agama Kutim.  Manasik yang dibuka Bupati Isran Noor, diharapkan menjadi bekal selama melaksanakan ibadah haji.
Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kutim, Fahmi Rasyad yang ditemui mengatakan  pembekalan seputar pelaksanaan ibadah haji seperti  tawaf, sa’i, jumrah hingga wukuf. “Calon jamaah haji akan diajarkan mulai dari do’a, larangan dan batasan yang boleh dan tidak dilakukan saat melaksanakan ibadah hingga persiapan fisik dan mental jamaah.” Terangnya.
Disebutkan, berbagai persiapan manasik haji dilakukan diantaranya paspor dan visa yang wajib dilakukan langsung Calhaj. Menyinggung biaya pembuatan paspor dan visa, ia menegaskan semuanya ditanggung pemerintah. “Karenanya kami akan mengkoordinir sebaik mungkin selama pembuatan paspor yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Samarinda,” ungkapnya.
Selain  paspor dan visa yang tahun ini ditanggung  pemerintah, Calhaj juga mendapat  seragam haji dari masing-masing bank tempat ONH distor. Namun perlengkapan lainnya seperti koper, tas hingga buku manasik dikelola oleh Kantor Kementrian Agama.
Mengenai rencana pemberangkatan, Fahmi menyebutkan tergabung dalam gelombang pertama yang dijadwalkan bulan Agustus. Calhaj Kutim, bergabung dengan Kota Bontang dan Kutai Barat.

Fahmi berharap pelaksanaan manasik haji bagi calon jamaah haji Kutim 2014 berjalan lancar dan seluruh calon jamaah haji Kutim dapat mengikuti dengan baik tanpa  kendala apapun serta tetap diberikan kesehatan dalam mengikuti pelaksanaan manasik haji hingga pada akhirnya diberangkatan ke tanah suci Mekah Al Mukarromah.(SK-03)        
Artikulli paraprakMasyarakat Wajib Peduli Lingkungan
Artikulli tjetërWaspadai Biro Haji dan Umrah Bodong