Beranda ekonomi Cangkang Sawt Dilirik Jadi Energi Alternatif

Cangkang Sawt Dilirik Jadi Energi Alternatif

924
0
Cangkang Sawit
SANGATTA,Suara Kutim.com
Pemkab Kutim  mempertimbangkan penggunaan cangkang sawit sebagai bahan baku utama  pembangkit  listrik. Berdasarkan kajian, cangkan sawit    dianggap murah dan  bisa didapat dengan mudah bersamaan    berkembangnya perkebunan sawit di Kutim.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim  Ismunandar  kepada wartawan, menerangkan pertimbangan penggunaan cangkang sawit karena salah satu rencana pembangunan listrik dengan bahan bakar batu bara ditunda pembangunannya. “Pembangkit litrik ini sudah dalam tahap pembebasan lahan, namun karena ada tawaran tekonologi baru yakni  penggunaan cangkang sawit sehingga pembangkit listrik dari batu bara dikaji ulang,” terang Ismunandar.
Dijelaskan, cangkang sawit  murah namun  tetap perlu kajian mendalam  terutama mengenai ketersediaan,  anggkutan serat dukungan perusahaan perkebunan kelapa sawit. “Jangan sampai tiba-tiba  biaya angkutan mahal, meski harga cangkangnya murah karenanya pemkab    akan mengundang seluruh stake holder untuk melakukan kajian mana yang lebih murah dan tepat,” sebutnya.
Pria kelahiran Sangkulirang, mengaku sedih melihat tanah kelahirannya sulit mendapatkan pasokan listrik dengan murah dan layak serta menyentuh semua warga.  “Kalau saya pulang, pasti ditanya masyarakat masalah listrik sementara  ketersediaan listrik  tidak mungkin  bisa dipenuhi dalam waktu singkat, di sisi lain ada regulasi lain yakni PLN sebagai penyedia listrik,” jelasnya.(SK-03)

Artikulli paraprakPemberian Obat Harus Tepat, Jika Tidak Tekor
Artikulli tjetërRanmor Bertambah Pesat, SPBU Terbatas