Beranda kutim Catatan Perjalanan Haji (9)

Catatan Perjalanan Haji (9)

1030
0

Kemana-Mana Tas Serut Selalu Dibawa

Jamaah Haji asal Kutim membawa tas serut saat ke Masjidil Haram Makkah, sepulangnya baru belanja untuk keperluan di hotel.
This image has an empty alt attribute; its file name is kabah.jpg
Syafranuddin – Pimpred Suara Kutim.com

BERIBADAH HAJI bukanlah perjalanan biasa, terlebih melaksanakan ibadah haji bagi warga Indonesia saat ini hanya bisa sekali saja. Karenanya jamaah haji ingin ibadahnya berjalan lancar, dan aman dan nyaman.

                Kelancaran melaksanakan ibadah haji tentu tak lepas dari kesiapan jamaah meski kegiatan yang dilakukan hanya beribadah sebanyak-banyak di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Namun untuk masuk ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi ada ketentuan yang harus ditaati jamaah, seperti tidak bisa membawa makanan dan minuman kecuali kurma, semua alas kaki wajib di tinggal di pintu masuk akibatnya seringkali jamaah lupa lokasinya ketika pulang.

                Agar tidak kesulitan saat membawa sejadah, kurma serta alas kaki, hendaknya biasakan menggunakan tas serut. Menggunakan tas srut, jamaah akan mudah bergerak dan tidak khawatir kelupaan alas kaki karena alas kaki bisa dibawa masuk asalkan dibungkus lagi dengan tas kresek agar tidak mengotori barang lainnya.

                Penggunaan tas serut juga memudahkan jamaah untuk menyimpan barang-barang lainnya termasuk tas kecil yang berisikan dokumen dan obat keperluan mendesak, termasuk HP, charger.  Dengan tas serut, jamaah akan mudah bergerak terutama pada lokasi-lokasi padat manusia.

Selain itu, jika memungkinkan bisa dijadikan batal saat lelah dan ingin tidur, tas serut juga bisa diisi dengan barang belanjaan yang ringan dan kering sehingga memudahkan jika jalan-jalan sekitar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Sekedar diketahui pemerintah Arab Saudi, melarang  ransel  dibawa berada sekitar kedua masjid, demikian dengan barang ukuran besar lainnya karena dapat menganggu jamaah lainnya. Karenanya tas serut merupakan tas yang aman dan mudah dibawa, karenanya jangan heran banyak jamaah kemana-mana menggunakan tas serut.(bersambung)

Artikulli paraprakDi Acara Buka Puasa, Wabup Kasmidi Bagi 6 Ribu Paket
Artikulli tjetërYusuf : Fogging Tak Membunuh Jentik, 3 M Paling Ampuh Memberantas DBD