Beranda kutim CJH Antusias Ikuti Simulasi Haji dan Umrah di Masjid Agung Sangatta

CJH Antusias Ikuti Simulasi Haji dan Umrah di Masjid Agung Sangatta

959
0

SANGATTA (14/7-2018)
Mengakhiri manasik haji bagi Jamaah Haji Tahun 2018, Kemenag Kutim, Sabtu (14/7) menggelar praktik lapangan di Masjid Agung. Dibimbing Kepala Kantor Kemenag Ambotang, Kasi PHU Sofyansyah dan KUA Sangatta Utara, praktik lapangan disumalasikan dengan pemberangkatan dari Bandara King Abdul Azis Jeddah ke Hotel Grand Assel Makkah.
Setiba di Bandara King Abdul Azis, jamaah haji asal Kutim yang berjumlah 180 orang dan tergabung Kloter IV Balikpapan, setelah melewati pemeriksaan imigrasi dan bea cukai Kerajaan Arab Saudi, langsung dibimbing untuk melakukan mandi sunah dan miqat untuk umrah.
Setelah selesai melaksanakan umrah, jamaah kemudian diajak untuk melakukan simulasi persiapan menuju Arrafah, Musdalifah dan Mina. Dari pemodokan di Aziziah, jamaah mulai mempersiapkan diri dengan melakukan mandi dan mengenakan ihram – kain warna putih tak berjahit.
Setelah semua jamaah siap diberangkatkan, dipimpin Ketua Kloter IV Balikpapan, DR Rusdianur, semua jamaah menuju Arafah yang berjarak 25 Km dari Makkah. Setelah bermalam semalam, seusai melaksanakan salat zuhur, puncak Arafah dimulai hingga Ashar.
Menjelang Magrib dimulai persiapan menuju Musdalifah yang berjarak 9 Km dari Arafah, untuk istirahat serta mengumpulkan batu yang akan digunakan melempar Jumrah Aqabah pada 10 Dzulhijah, serta Jumrah Ula, Wustha dan Aqabah pada 2 hari selanjutnya di Mina.
Simulasi yang diakhiri dengan tawaf Ifadhah dan sai kemudian bertahalul ini, diikuti antusias jamaah meski udara cukup gerah. “Alhamdulillah, simulasi bisa dilakukan dengan baik semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi pedoman saat melaksanakan ibadah haji nanti,” kata Sofyansyah seraya menutup simulasi.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakPeringatan Harganas se Kaltim Digelar di Kutim
Artikulli tjetërSekda : Pemkab Perhatikan Kebutuhan Dasar Masyarakat