Beranda hukum Data Beda, Langkah Sem Karta “Terhenti” Menuju Karang Paci

Data Beda, Langkah Sem Karta “Terhenti” Menuju Karang Paci

1906
0

SANGATTA (26/12-2017)
Langkah Sem Karta untuk mengisi Karang Paci sebagai anggota DPRD Kaltim menggantikan Doddy Rondonuwu, tampaknya tak mulus. Pasalnya, sebuah dokumen yang didapat Suara Kutim.com ada perbedaan data.
Perbedaan itu diungkapkan DPC PDI Perjuangan Kutim dalam suratnya bernomor 341/IN/DPC.13.05-B/XII/2017 tanggal 23 Desember 2017 yang dikirim ke DPD PDI Perjuangan Kaltim di Samarinda. “Surat DPC PDIP Kutim juga ditembuskan ke KPU Kaltim dan DPP PDIP Pusat,” terang sumber media ini.
Disebutkan, dalam surat yang ditanda-tangani Agiel Suwarno dan Suyono masing-masing sebagai ketua dan sekretaris, diharapkan klarifikasi kebenaran perbedaan data antara dokumen pada from DCI dengan E-KTP dan KTA .
Sem Karta yang mantan anggota DPRD Kutim, salah satu kandidat yang bakal menggantikan Dody yang kini kesandung masalah hukum. Warga Sangatta Utara ini, pada Pemilu lalu termasuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil ) Kaltim V yang meliputi Kota Bontang, Kutim dan Berau.
Namun pada Daftar Nama Caleg PDIP, nama Sem Karta yang berada posisi 11 tertulis Sem Karaneg Tasik sementara berdasarkan e-KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) hanya Sem Karta. “Surat DPC PDI Perjuangan tentang Sem Karta itu untuk penyempurnaan dan mencari kebenarannya, agar pengangkatan Sem Karta benar adanya dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” ujar sumber tadi seraya menambahkan harus diselediki penulisan nama yang tak sesuai e-KTP dan KTA ini.
Seorang pengurus PDI Perjuangan Kutim mengaku baru sadar, ternyata ada perbedaan antara e-KTP dan KTA dengan data pada KPU. Meski demikian, ia menyerahkan sepenuhnya kepada aparat hukum apakah “perbedaan” penulisan nama ada unsur pidana atau tidak.
“Kita berharap segera ada penjelasan, apakah perbedaan penulisan nama tersebut apakah akibat adanya kesalahan penulisan administrasi saja ataukah benar ada dugan pemalsuan identitas, jika ada pemalsuan ini sudah ranah hukum,” tandasnya seraya mewanti namanya tidak ditulis.(SK2/SK12)

Artikulli paraprakDiduga Jual Sabu, Pengangguran Kaget Digerebek Polisi
Artikulli tjetërPengedar Narkoba Ditangkap Polisi Dihotel