Beranda politik DPRD Kutim Demi Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Nelayan Teluk Pandan Minta Alat Tangkap Modern

Demi Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Nelayan Teluk Pandan Minta Alat Tangkap Modern

278
0

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA—Potensi laut Kutai Timur (Kutim) yang cukup kaya akan beraneka ragam jenis ikan yang bisa dikonsumsi, cukup menjanjikan bagi masyarakat Kutim tinggal di kawasan pesisir laut dan yang berprofesi sebagai nelayan. Namun tentunya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan pesisir Kutim juga diperlukan dukungan alat tangkap modern, guna memudahkan para nelayan dalam memancing ikan.

Joni – Ketua DPRD Kutim

Ketiadaan alat tangkap modern inilah yang dikeluhkan oleh masyarakat Nelayan Teluk Pandan di Kecamatan Teluk Pandan, Kutim. Mereka membutuhkan alat tangkap modern, sebab dengan alat pancing biasa atau tradisional, meskipun bisa dapat ikan, namun hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak bisa untuk di jual. Hal ini tentu saja tidak bisa mengubah kondisi ekonomi masyarakat nelayan. Demikian dikatakan Ketua DPRD Kutim Joni.S.Sos.

“Saya sudah melaksanakan reses di Teluk Pandan(Kecamatan, red). Saya mengadakan komunikasi dan menyerap aspirasi masyarakat di sana. Di sana ada nelayan, terutama di pesisir. Mereka semua mengeluh, karena mereka mencari ikan dengan alat tradisional, berupa pancing dan kapal nelayan yang kecil. Karena itu, mereka meminta supaya DPRD Kutim memperjuangkan nasib mereka, agar pemerintah bisa membantu mereka dalam pengadaan alat tangkap yang lebih layak,” katanya.

Menurutnya, beberapa alat yang mereka usulkan antara lain seperti jaring, kapal nelayan dan berbagai peralatan lainnya. Sebab dengan alat tangkap yang lebih modern, maka diharapkan hasilnya akan lebih baik. Sebab selama ini, mereka menggunakan alat tradisional, namun hasilnya sangat kecil, tidak bisa mengubah kondisi ekonomi masyarakat.

“Akan kita perjuangkan permintaan masyarakat ini, untuk kita masukkan dalam usulan program pemerintah (pengadaan, red). Semoga bisa terealisasi segera, sehingga masyarakat nelayan kita bisa benar-benar menikmati dengan adanya peningkatan perekonomian mereka,” ucapnya.(Advetorial/Admin)

Artikulli paraprakAnggota DPRD ini Sebut Ada Gang yang Selalu Kebanjiran, 3 Tahun Diusulkan Lewat Musrenbang Tetap Tidak Terealisasi
Artikulli tjetërDPRD Kutim Dorong Layanan Listrik dan Internet Terpenuhi untuk Seluruh Desa di Kutim